Manfaat Rempah

Beragam Manfaat Jahe Merah yang Jarang Diketahui

1302
×

Beragam Manfaat Jahe Merah yang Jarang Diketahui

Sebarkan artikel ini

Beragam Manfaat Jahe Merah yang Jarang Diketahui

Manfaatnya.com – Jahe merupakan salah satu tanaman rimpang yang mengandung banyak khasiat. Penggunaannya pun untuk berbagai hal, mulai dari bumbu masakan, minuman, hingga produk kesehatan. Tanaman jahe sendiri dibagi atas jahe emprit, jahe gajah, serta jahe merah. Jahe emprit mungkin sudah banyak kita ketahui karena biasa digunakan sehari-hari, tetapi ada juga jahe merah yang masih jarang penggunaannya.

Dinamakan jahe merah karena memang memiliki warna merah pada bagian luarnya, dan meskipun sama-sama disebut jahe, tetapi jahe merah dianggap lebih banyak khasiatnya untuk pengobatan dan jarang dipakai sebagai bumbu dapur. Manfaat jahe merah untuk kesehatan bisa kamu lihat pada ulasan berikut ini.

 

Keunggulan Jahe Merah Dibandingkan Jahe Biasa

Jahe merah memang tidak banyak dibudidayakan seperti jahe putih pada umumnya, tetapi jahe jenis ini disebut memiliki banyak keunggulan daripada jahe emprit dan jahe gajah yang sering dikonsumsi masyarakat. Keunggulan tersebut antara lain adalah:

  1. Jahe merah memiliki rasa lebih kuat

Zat keton zingeron yang lebih tinggi dibanding jahe biasa membuat rasa jahe merah lebih kuat. Rasa pedasnya lebih terasa dibanding jahe putih. Hal ini memang agak tidak disukai oleh orang yang tidak suka rasa pedas, tapi di lain sisi digemari para penikmat makanan pedas. Zat zingeron ini sendiri bersifat racun kepada serangga hama, sehingga ampuh untuk mengusir hama pada tanaman.

  1. Kandungan serat yang kecil

Jahe merah juga memiliki kandungan serat yang lebih kecil dibanding jahe gajah. Hal ini membuat jahe merah bisa dikonsumsi oleh orang yang sedang diet rendah serat. Biasanya diet seperti ini dilakukan oleh orang yang mengalami masalah usus. Namun, harus diperhatikan juga komponen lainnya di dalam jahe merah yang kemungkinan kurang cocok untuk penyakit pencernaan tertentu.

  1. Kandungan minyak atsiri paling besar

Pada dasarnya, jahe memang mengandung banyak minyak atsiri. Hal tersebutlah yang membuat rasa jahe menjadi pedas dan bahkan agak panas jika diletakkan pada kulit. Namun, dibanding jenis jahe lain, jahe merah memiliki minyak atsiri paling besar, yaitu mencapai 2.58% sampai 2.72%.

Baca juga:  Inilah Berbagai Manfaat Bawang Putih Untuk Manusia yang Jarang Diketahui, Mulai dari Mengatasi Masuk Angin Hingga Mencegah Kanker

 

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Tubuh

Sebelum mengulas apa saja manfaat dari jahe merah untuk tubuh, kita perlu tahu apa saja kandungan atau zat-zat dalam jahe merah yang penting. Pertama, jahe merah mengandung minyak atsiri. Fungsi minyak atsiri sendiri sangat banyak, mulai dari sebagai aroma terapi kesehatan, perawatan tubuh, perawatan rambut, dan lain sebagainya. Terlebih minyak atsiri pada jahe merah cukup besar kandungannya, sehingga memberikan rasa hangat yang lebih terasa dan rasa pedas yang kuat ketika diolah menjadi minuman atau makanan.

Selain itu, jahe merah juga mengandung shogaol, gingerol, dan zingeron. Senyawa lainnya dari jahe merah adalah adanya capsaicin, cineole, farnesene, aspartic, caprylic acid, gingerdione, linolenic acid, dan lain sebagainya. Dengan berbagai senyawa tersebut, berikut ini adalah manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh.

  1. Jahe Merah untuk Turunkan Kolesterol

Timbunan lemak jahat dalam tubuh menyebabkan seseorang menderita kolesterol. Kondisi dengan tingkat kolesterol yang tinggi biasanya sangat tidak membuat nyaman, tubuh pegal-pegal hingga sakit kepala. Terlebih sekarang bukan hanya orang tua yang memiliki risiko tinggi memiliki kolesterol berlebih, anak muda pun gampang sekali mengalami peningkatan kolesterol akibat konsumsi makanan dan kebiasaan yang kurang sehat.

Untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah, jahe merah sangat dianjurkan. Kandungan senyawanya dapat menghancurkan lemak-lemak jahat sehingga kadar kolesterol turun sedikit demi sedikit. Kamu bisa mengonsumsi jahe merah ini sebagai terapi ketika sedang mengalami kenaikan kolesterol.

  1. Jahe Merah untuk Atasi Batuk dan Radang Tenggorokan

Tanaman rimpang seperti jahe dan kencur memang terkenal sebagai pereda batuk maupun radang tenggorokan. Jahe merah yang lebih hangat daripada jahe biasa juga memiliki manfaat yang sama. Hal ini karena jahe merah mengandung sejumlah flavonoid sebagai anti peradangan, sehingga cocok dikonsumsi bagi penderita radang tenggorokan. Rasa hangat ketika mengonsumsi jahe merah juga dapat membuat tenggorokan lebih lega dan mengurangi batuk-batuk.

  1. Jahe Merah untuk Meringankan Reumatik

Manfaat jahe merah lainnya adalah sebagai pereda reumatik. Ketika reumatik menyerang, sendi-sendi di tubuh terasa sangat menyakitkan dan sulit untuk bergerak dengan bebas. Oleh sebab itu, mengonsumsi jahe merah dapat menjadi treatment yang baik bagi penderita reumatik. Kandungan flavonoid pada jahe merah sangat baik untuk mengatasi peradangan karena reumatik, sehingga rasa sakit yang diterima bisa sedikit demi sedikit berkurang.

  1. Jahe Merah Efektif sebagai Penurun Berat Badan

Bagi yang ingin menurunkan berat badan, selain berolahraga juga perhatikan konsumsi makanan sehari-hari. Untuk membakar lemak lebih baik, mengonsumsi jahe merah dapat menjadi solusi. Jahe merah yang diekstrak sangat membantu dalam mengontrol nafsu makan karena dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan begitu lemak ditubuh terbakar lebih cepat, nafsu makan berkurang, berat badan pun turun dengan lebih cepat.

  1. Jahe Merah untuk Meringankan Sakit Kepala

Sakit kepala memang bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Penyakit yang satu ini menandakan adanya penyakit ringan maupun berat, tapi tetap saja mengganggu untuk keseharian. Ketika mengalami sakit kepala, meminum obat pereda nyeri ditakutkan membuat ketagihan, sehingga perlu solusi lain yang lebih sehat dan alami.

Baca juga:  Tahukah Anda Manfaat Temulawak? Inilah Dia Manfaat Temulawak Bagi Tubuh Kita

Untuk meringankan sakit kepala, kamu dapat mencoba meminum air rebusan jahe merah. Kandungan kamfena serta rasa hangat ketika meminum jahe merah akan membuat kepala lebih ringan.

  1. Jahe Merah untuk Atasi Masalah Pencernaan

Mengonsumsi jahe merah juga sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan pada lambung. Pencernaan yang terganggu seringkali menyebabkan mual, diare, dan bahkan muntah-muntah. Untuk menyetabilkan kondisi asam lambung, kamu dapat mengonsumsi jahe merah dengan teratur. Terlebih jika lambung dalam keadaan mengalami infeksi atau luka, kandungan dalam jahe merah dapat mengatasi infeksi yang terjadi.

  1. Jahe Merah untuk Menjaga Jantung

Penyakit jantung memang dapat dipicu oleh beragam hal, salah satunya adalah tingginya kadar trigliserida serta kolesterol dalam darah. Jahe merah sendiri sangat efektif untuk mengontrol kolesterol, sehingga akan membantu juga dalam menjaga kesehatan jantung.

Untuk mendapatkan manfaat dari jahe merah sendiri, kamu dapat mengonsumsinya dengan berbagai macam cara. Antara lain dengan memakannya langsung ketika jahe masih muda. Kamu juga dapat menjadikannya bumbu masakan atau menjadikannya olahan minuman dengan tambahan beberapa bahan seperti madu atau pun lemon. Jika ingin menyimpan jahe merah dalam jumlah besar dan siap pakai, kamu bisa mengeringkannya dan menjadikannya bubuk untuk kemudian diseduh. Beberapa produsen juga telah menjual minyak jahe merah yang memang ditujukan untuk kesehatan.

 

Akan tetapi jika kamu memiliki masalah penyakit yang kompleks, ada baiknya mengonsultasikannya dulu ke dokter sebelum mengonsumsi jahe merah secara rutin. Hal ini karena dikhawatirkan konsumsi yang sembarangan dapat memperparah penyakit yang lain. Untuk mendapat manfaat jahe merah yang tepat, ada baiknya tidak mengonsumsinya berlebihan.