Manfaat Rempah

Ragam Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

1517
×

Ragam Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Sebarkan artikel ini

Ragam Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaatnya.com – Pernahkah Anda mendengar tentang bawang Dayak? Salah satu bawang andalan dari Suku Dayak asli di Kalimantan memang telah menjadi buah bibir di masyarakat karena segudang manfaatnya. Manfaat bawang Dayak sendiri telah dibuktikan oleh berbagai ahli untuk kemudian dapat dikonsumsi manusia sebagai pilihan dalam pengobatan herbal.

Memiliki nama lain bawang berlian, sebrang, dan tiwai, tampilan bawang Dayak ini serupa dengan bawang merah pada umumnya yang biasa dijadikan sebagai bumbu masakan. Apa yang membedakannya hanyalah pada umbinya yang sedikit lebih kecil, agak merah dibanding bawang biasa, serta tekstur kulitnya yang licin jika disentuh.

Meski bawang ini berasal dari Dayak sebagai salah satu suku di Indonesia, ternyata jenis bawang ini juga tumbuh dan dikonsumsi di Brazil, Meksiko Selatan, bahkan di sekitar Amazon. Orang-orang di daerah latin menyukai bawang ini karena sejak nenek moyang dahulu sudah dianggap sebagai obat herbal yang mujarab.

Lantas apa saja manfaat bawang Dayak yang bisa dirasakan oleh tubuh manusia dalam hal kesehatan? Berikut adalah penjabarannya.

 

Bawang Dayak Mampu Menurunkan Resiko Kanker Rahim Setelah Manapouse

Dalam dunia medis, bawang Dayak terkenal dengan kandungannya yang dapat dimanfaatkan bagi mereka yang sudah manapouse. Manapouse bagi banyak perempuan dapat menurunkan kadar estrogen dalam tubuhnya, di mana ketika kadar tersebut berkurang, ia akan memengaruhi sistem kerja tubuh secara keseluruhan.

Jika sistem kerja tubuh menurun atau mengalami penyusutan, maka seseorang akan mudah terkena berbagai penyakit. Hal tersebut yang kemudian memicu banyak perempuan lebih memilih melakukan terapi hormon untuk mengatasi berbagai gejala yang muncul sebelum dan setelah mereka manapouse.

Baca juga:  Inilah Serangkaian Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan Manusia, Mulai dari Menyehatkan Tubuh Hingga Mempercantik Wajah

Namun terapi semacam ini tentu memiliki kekurangan. Banyak yang bilang terapi hormon justru memicu perkembangan kanker rahim pada perempuan. Untuk meminimalisir ini, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi bawang Dayak secara rutin. Senyawa aktif bernama eleutherinol yang dikandung bawang Dayak ternyata mampu meningkatkan hormon estrogen yang dapat memicu sistem kerja tubuh untuk tetap bekerja dengan baik.

 

Bawang Dayak Mampu Meminimalisir Resiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung berpotensi terjadi pada semua orang tanpa mengenal usia. Meski seringnya diidap oleh mereka yang sudah berusia lanjut. Apabila seseorang menunjukkan gejala penyakit jantung, mereka biasanya akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada dokter untuk kemudian mendapatkan obat yang tepat.

Namun tahukah Anda ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir penyakit jantung dini. Pertama, berolahraga yang cukup dan teratur. Kedua, rajin mengonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan. Ketiga, mengurangi bahkan menghindari rokok. Selama mengikuti gaya hidup sehat tersebut, Anda juga bisa merasakan manfaat bawang Dayak dalam hal ini.

Penelitian terbaru yang dilakukan di Universitas Indonesia menunjukkan jika bawang Dayak yang diekstrak dapat menurunkan kadar lipid darah. Menurunnya kadar lipid darah ini pada akhirnya dapat meminimalisir resiko penyakit jantung pada manusia. Maka dari itu, mungkin ada baiknya Anda mulai mengonsumsi bawang Dayak sembari melakukan gaya hidup sehat secara rutin.

 

Bawang Dayak Mampu Mengontrol Tekanan Darah

Hipertensi atau tekanan darah sederhananya adalah tekanan yang dialami oleh darah pada saat pembuluh arteri dipompa oleh jantung untuk dialirkan ke seluruh tubuh manusia. Tekanan darah dianggap penyakit ketika ia sudah melebihi batasan normal yaitu 120/80 mmHg. Jadi jika tekanan darah lebih tinggi atau lebih rendah, berarti ada yang salah dengan tubuh Anda saat ini.

Baca juga:  Ragam Manfaat Habbatussauda Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Jika penasaran Anda bisa mengeceknya ke orang-orang yang bekerja di bidang kesehatan. Biasanya Anda akan diminta untuk duduk atau berbaring untuk mendapatkan posisi yang nyaman. Apabila tekanan darah Anda tidak terkontrol, Anda akan diberikan obat yang harus Anda konsumsi selama tekanan darah Anda belum kembali ke angka normal.

Selain menerapkan pola hidup yang sehat, Anda mungkin bisa mencoba mengonsumsi bawang Dayak khas Kalimantan. Senyawa alisin yang dikandung bawang Dayak ini rupa-rupanya mampu mengontrol tekanan darah manusia. Hal tersebut disebabkan oleh senyawa alisin yang memiliki kemampuan lebih dalam menurunkan kekentalan darah, yang tentunya berpengaruh pada tekanan darah.

 

Bawang Dayak Mampu Merawat Kulit

Kesehatan kulit adalah fokus utama bagi banyak manusia, meski mungkin lebih banyak terjadi pada perempuan. Karena kulit adalah bagian terluar dari tubuh yang bisa dilihat oleh banyak orang, kecantikan kulit dari luar dan dalam wajib diperhatikan.

Selain mengonsumsi air putih yang cukup, menjaga kebersihan serta apapun yang bersentuhan dengan tubuh adalah sesuatu yang seharusnya diperhatikan. Nah, tahukah Anda bahwa bawang Dayak ternyata juga bisa merawat kulit dengan lebih maksimal? Ya! Ternyata bawang ajaib satu ini dapat mencerahkan kulit tubuh hingga wajah apabila dikonsumsi secara rutin.

Tidak hanya itu, bawang Dayak juga dapat mencegah hadirnya bintik hitam yang akan mengganggu penampilan sempurna Anda. Bintik hitam, apalagi ia yang terletak di wajah, tentu menimbulkan perasaan tidak percaya diri, bukan? Maka dari itu Anda harus mencoba mengonsumsi bawang Dayak.

Pertanyaan yang selanjutnya hadir adalah bagaimana cara konsumsi bawang Dayak ini? Apa harus dimakan mentah atau bisa dimasak sebagaimana bawang merah pada umumnya? Untuk menjawab itu, mari kita berpindah ke penjelasan cara konsumsi bawang Dayak di bawah ini.

  1. Membuatnya Menjadi Minuman

Cara konsumsi bawang Dayak yang pertama adalah dengan diseduh. Caranya sederhana saja. Pertama, pilih bawang Dayak segar sekitar 3 atau 4 buah. Kedua, kupas bawang tersebut dan cuci dengan air bersih yang mengalir. Ketiga, iris tipis-tipis seperti saat Anda ingin menumis bawang merah biasa.

Baca juga:  Tahukah Anda Manfaat Temulawak? Inilah Dia Manfaat Temulawak Bagi Tubuh Kita

Keempat, seduh irisan bawang Dayak tadi dengan segelas air putih mendidih sekitar 200 ml. Sebaiknya gunakan air mendidih yang hangat-hangat kuku agar bisa langsung diminum. Jangan lupa untuk mengulangi cara yang sama 2 hingga 3 kali sehari. Setelah itu rasakan khasiatnya.

  1. Mengonsumsinya dalam Bentuk Bubuk

Bawang Dayak juga dapat dijadikan bubuk loh. Caranya mudah saja. Ambil bawang Dayak yang ingin Anda gunakan. Kupas dan cuci hingga bersih. Lalu iris tipis-tipis seperti ketika Anda mengiris bawang merah biasa. Masukkan irisan tadi ke dalam oven dengan suhu sekitar 50 derajat selama 7 hingga 8 jam.

Setelah 8 jam berlalu Anda bisa langsung mengeceknya. Dinginkan terlebih dahulu lalu tumbuklah hingga halus. Untuk mendapatkan tekstur yang lembut, jangan lupa untuk mengayak bubuk tersebut sebelum dimasukkan ke dalam bungkusan ya. Setelah itu Anda sudah dapat menyeduh bawang Dayak dalam bentuk bubuk dengan segelas air hangat. Minumlah di pagi hari.

  1. Membuatnya Menjadi Manisan atau Acar

Cara konsumsi bawang Dayak yang terakhir adalah dengan menjadikannya sebagai manisan atau acar. Caranya sederhana saja. Ambil beberapa bawang Dayak yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Potonglah agak besar dari biasanya. Jika ingin dijadikan acar, Anda tinggal menggabungkannya bersama potongan timun atau bahan saja yang ingin Anda campurkan. Lalu masukkan campuran air garam, cabe, dan gulanya.

Jika ingin dijadikan manisan, Anda tinggal memasukkan potongan tebal bawang Dayak ke dalam panci berisi air gula yang sudah diencerkan sebelumnya. Lalu masaklah sampai kental. Setelah itu ada baiknya jika didinginkan dulu ke dalam kulkas semalaman lalu dinikmati keesokan harinya.

 

Jadi itulah tadi manfaat bawang Dayak dan cara konsumsinya. Tetapi Anda harus tetap mengingat bahwa bawang Dayak ini hanyalah salah satu obat herbal. Kesembuhan tetap harus Anda kejar dengan mengonsumsi obat medis juga. Selamat mencoba!