Manfaat Rempah

Inilah Berbagai Manfaat Bawang Putih Untuk Manusia yang Jarang Diketahui, Mulai dari Mengatasi Masuk Angin Hingga Mencegah Kanker

1523
×

Inilah Berbagai Manfaat Bawang Putih Untuk Manusia yang Jarang Diketahui, Mulai dari Mengatasi Masuk Angin Hingga Mencegah Kanker

Sebarkan artikel ini

Mulai dari Mengatasi Masuk Angin Hingga Mencegah Kanker, Inilah Berbagai Manfaat Bawang Putih Untuk Manusia yang Jarang Diketahui

Manfaatnya.com – Anda tentu tidak asing lagi dengan bawang putih. Salah satu bumbu penyedap rasa ini seringkali digunakan oleh ibu-ibu sebagai bahan utama dalam membuat berbagai masakan yang lezat. Biasanya ia selalu berpasangan dengan bawang merah dan daun bawang. Selain menjadi bumbu ini, ternyata ada begitu banyak manfaat bawang putih bagi tubuh yang jarang diketahui.

Kali ini kami akan membahas berbagai manfaat tersebut. Namun sebelum itu, ada baiknya kita mengenal dulu apa saja kandungan yang ada di dalam bawang putih. Jadi nama ilmiahnya adalah allium sativum. Jika Anda sering melihat resep-resep masakan luar negeri, orang di luar menyebut bawang putih sebagai garlic.

Tanaman ini masuk dalam kingdom plantae dengan catatan sejarah lebih dari 7 ribu tahun yang lalu sudah digunakan oleh orang-orang. Meski beda tempat beda pula bentuknya, bawang putih ada di semua benua di dunia. Dulunya ia digunakan oleh orang-orang untuk bahan masakan dan juga sebagai pengobatan herbal.

Cara mengolah bawang putih juga beragam, mulai dari digeprek begitu saja dan langsung dimasukkan ke dalam masakan atau langsung dirajang halus atau tipis-tipis lalu ditumis bersama dengan pasangannya yaitu bawang merah. Berbagai manfaat bawang putih bisa dirasakan oleh manusia karena adanya beberapa senyawa di dalamnya, seperti senyawa sulfur, alliin, magnesium sekitar 25 mg, kalsium 181 mg, vitamin C 31,2 mg, hingga zat besi 1,7 mg.

Berbagai kandungan ini turut mendukung bawang putih untuk menjadi pengobatan herbal. Lalu apa saja manfaat bawang putih yang bisa dirasakan oleh manusia? Berikut adalah penjabarannya.

Baca juga:  Inilah Serangkaian Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan Manusia, Mulai dari Menyehatkan Tubuh Hingga Mempercantik Wajah

 

Atasi Masuk Angin dengan Bawang Putih

Pertama kita mulai dari penyakit yang paling ringan dan paling sering diderita oleh orang-orang, yaitu masuk angin. Masuk angin biasanya terjadi ketika seseorang terpapar langsung dengan sumber anginnya, misal dari kipas angin, AC, atau udara terbuka. Orang yang menderita masuk angin akan mengalami perasaan tidak nyaman pada perutnya, sering bersendawa, kentut, bahkan berak-berak.

Untuk mengobatinya kadang dengan memberikan minyak angin ke perut si penderita. Jika keluarga atau Anda sedang masuk angin, Anda bisa mencoba untuk menggerus bawang putih yang selalu ada di dapur dan memasukkannya ke dalam secangkir air hangat. Minumlah air tersebut dan rasakan khasiatnya.

 

Atasi Pilek dengan Bawang Putih

Kedua, kita akan membahas penyakit pilek. Penyakit ini membuat penderitanya mengeluarkan ingus yang biasanya disebabkan oleh virus, konsumsi makanan pedas yang berlebihan, infeksi pada hidung, alergi, efek samping obat, bahkan paparan udara yang terlalu kering atau terlalu dingin. Penderita akan mengalami bersin, hidung tersumbat, demam, dan mudah lelah karena terus menerus mengeluarkan cairan.

Untuk penyembuhan, orang-orang akan memilih untuk meminum berbagai obat yang kini telah dijual bebas di pasaran. Tetapi jika Anda bosan meminum obat kimia terus menerus, Anda bisa menggunakan bawang putih sebagai obat. Bawang putih dipercaya mampu bereaksi pada penderita pilek dengan mengeluarkan senyawa allicin-nya yang bersifat anti mikroba untuk memerangi virus penyebab pilek dalam tubuh Anda.

Proses pengolahannya sesuaikan saja dengan yang Anda sukai. Karena bawang putih sering dijadikan penyedap, Anda mungkin bisa membuatnya sebagai campuran sup ayam. Selain menghangatkan perut, Anda juga bisa mengonsumsi bawang putih dengan cara yang enak dan tidak menyusahkan.

Baca juga:  Ragam Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

 

Atasi Diabetes dengan Bawang Putih

Ketiga, bagi penderita diabetes. Diabetes ditandai dengan meningkatnya glukosa di atas rata-rata manusia normal. Glukosa atau kadar gula darah ini bisa meningkat karena adanya pengendapan saat tubuh tidak mampu menyerapnya dengan baik. Apabila seseorang sudah menderita diabetes, maka organ tubuh lainnya pun biasanya mudah tergaggu.

Sebenarnya tidak ada cara mengobati diabetes hingga sembuh, pun dengan bawang putih. Maka dari itu, orang yang menderita penyakit ini harus lebih memberikan perhatian pada apa yang masuk ke dalam tubuhnya. Ketika ia tidak mampu mengontrolnya, maka komplikasinya bisa berujung pada kematian.

Anda tentu mendengar bahwa penderita diabetes harus meminum obat tiap hari sebagai bentuk kontrol pada gula yang masuk dalam tubuhnya. Penderita diabetes ditandai dengan mulut yang cenderung lebih kering, gatal-gatal bukan karena alergi, mudah tersinggung, tubuh selalu merasa terbakar, kaku, atau nyeri pada bagian kaki, hingga munculnya bercak pada leher.

Jika Anda atau keluarga merasa memiliki ciri-ciri tersebut sebaiknya segeralah periksakan diri pada dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat. Jika terbukti Anda diabetes, maka Anda akan diberikan obat untuk diminum tiap hari. Selain menyeimbangkan obat, ada baiknya Anda mencoba mengonsumsi bawang putih untuk menjadi obat herbal Anda dalam mengatur gula darah.

Anda bisa memasukkannya ke dalam sup, mencampurnya dengan air hangat dan langsung diminum, atau dengan menjadikannya teh yang dicampur dengan madu. Konsumsi yang rutin akan membuat diabetes Anda jarang kambuh.

 

Cegah Kanker dengan Bawang Putih

Keempat, kanker. Menjadi penyakit yang paling mematikan di seluruh dunia, kanker adalah momok menakutkan bagi semua orang. Selain disebabkan oleh gen, manusia juga bisa terpapar oleh kanker karena merokok, paparan radiasi terus menerus, paparan zat kimia terus menerus, obesitas, kurang banyak bergerak, virus, hingga HIV.

Baca juga:  Beragam Manfaat Jahe Merah yang Jarang Diketahui

Ada berbagai gejala kanker yang mudah diamati, yaitu timbulnya benjolan pada bagian tubuh yang menjadi tumor sebelum menjadi kanker, batuk kronis, demam yang berulang dalam waktu singkat, memar atau pendarahan yang tiba-tiba, gangguan BAB, pucat hingga mudah lelah, tubuh selalu terasa nyeri.

Gejala ini tentu bisa saja berbeda dari orang yang satu dengan orang yang lain. Anda tidak bisa mendiagnosis diri Anda menderita penyakit ini tanpa memeriksakannya lebih lanjut pada ahlinya.

Hingga kini belum ada pakar yang berani memberikan argumen bahwa kanker dapat disembuhkan. Semua orang yang menderita penyakit ini hanya mengonsumsi obat untuk memperpanjang usia. Anda tentu harus mendapatkan perawatan medis jika sudah terdiagnosis kanker. Tetapi tahukah Anda bahwa salah satu bumbu masak di rumah yang biasa diabaikan memiliki manfaat dapat mencegah kanker?

Ya, manfaat bawang putih terakhir adalah mampu mencegah penyakit kanker. Argumen ini didukung oleh penelitian dari luar negeri yang mengatakan jika bawang putih yang biasa dikonsumsi dalam makanan ternyata mampu membantu hati atau liver Anda dalam memantau pembelahan pada sel kanker tidak biasa.

Jadi ketika dalam tubuh Anda mungkin sudah ada sel kanker yang berkembang, bawang putih akan memaksimalkan kerjanya pada bagian hati Anda guna mencegah kanker berkembang biak. Bawang putih ini bisa Anda olah sedemikian rupa sesuai selera. Bila tidak terlalu suka dengan rasanya, bisa ditambahkan madu sebagai pemanis alami.

 

Jadi itulah tadi berbagai manfaat bawang putih yang dapat kami sajikan. Semoga ini bisa memberi manfaat kepada Anda sebagai pembaca untuk tidak meragukan hasil kerja dari bumbu yang Anda gunakan tiap harinya dalam masakan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!