Manfaat Daun

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

1522
×

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

Sebarkan artikel ini

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

Manfaatnya.com – Kalau kamu suka makan soto atau bakso, pasti nggak asing lagi kan dengan taburan daun seledri di atasnya? Memang sih di Indonesia daun seledri sudah nggak jarang dipakai sebagai pelengkap makanan, khususnya yang berkuah agar memberikan rasa yang menyegarkan. Meski dijadikan sebagai pelengkap makanan, ada juga loh manfaat daun seledri yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Daun seledri pertama kalinya diperkenalkan oleh Belanda pada masa penjajahannya di Indonesia. Memang dari saat itu, daun seledri dipercaya dijadikan obat herbal alami yang dimanfaatkan untuk berbagai pengobatan. Mulai dari umbi sampai daunnya, kamu bisa memanfaatkannya untuk dijadikan obat alami, entah itu mau kamu jus, dimasukan ke dalam masakan, atau di makan langsung.

Dari penelitian yang sudah dilakukan, daun seledri punya senyawa antioksidan yang tinggi yang aktif bekerja untuk menghambat kerusakan sel-sel tubuh yang diakibatkan oleh berbagai sebab, seperti radikal bebas atau proses oksidasi.

 

Berbagai Manfaat-manfaat Seledri

Seledri termasuk sayuran yang kandungannya nutrisinya sangat banyak. Nggak hanya kalium dan magnesium saja, masih ada lagi vitamin A, B, C, serta K yang sangat penting dibutuhkan oleh tubuh kita. Kaya akan fitonutrien, senyawa itu berfungsi sebagai antiinflamasi sekaligus menjadi antioksidan alami.

Biar kamu lebih jelas apa saja manfaat daun seledri buat kesehatan tubuh, coba kamu lihat dulu nih beberapa ulasannya.

 

Mencegah Peradangan Kronis

Buat pasien yang menderita peradangan kronis, tentu akan sangat berbahaya dan harus segera dicegah karena akan gampang memicu penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung, kanker, radang sendi, mau pun osteoporosis. Makannya, untuk mencegahnya kamu harus mengkonsumsi daun seledri yang punya sifat antioksidan dan polisakarida. Nggak hanya itu, masih ada antiinflamasi dan polifenol yang bisa mencegah peradangan kronis.

Baca juga:  Manfaat Daun Mangkokan: Kaya Manfaat untuk Kesehatan Anda

Dari penelitian yang sudah dilakukan oleh beberapa pakar kesehatan, antioksidan yang ada di dalam daun seledri, sekaligus flavaol, asam fenolik, asam ferulic, dan asam caffeic mampu menyembuhkan beberapa kondisi tertentu yang diakibatkan oleh peradangan.

 

Menurunkan Berat Badan

Buat orang-orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan, seledri pasti termasuk salah satu makanan yang harus mereka konsumsi. Yups, manfaat daun seledri yang banyak dipercaya yaitu buat menurunkan berat badan secara alami. Kalorinya yang lebih rendah, kaya akan nutrisi, dan membantu pengaturan metobolisme dalam tubuh tentu menjadi alasan kenapa daun seledri sangat populer di kalangan orang yang menderita obesitas.

Nutrisinya yang padat atau kaya akan vitamin dan mineralnya antara lain Vitamin B, C, serta kalium, nggak heran kalori yang akan kamu konsumsi akan lebih sedikit dari lainnya. Makannya, buat kamu yang lagi pusing dengan berat badan yang terlalu berlebihan, coba kamu konsumsi setiap pagi daun seledri sampai mendapatkan tubuh yang ideal.

 

Mengatasi Masalah Perut

Masalah perut terkadang nggak hanya terjadi sekali 2 kali saja, tapi kalau penderitanya sudah sering kambuh, tentu menjadi masalah perut yang nggak boleh disepelekan. Biar nggak gampang kambuh lagi, coba deh kamu biasakan konsumsi daun seledri karena terbilang ampuh mengatasi masalah perut, mulai dari maag sampai sembelit.

Seledri yang punya kandungan polisakarida yang berbasis pektin, senyawanya berfungsi untuk mencegah dan mengatasi maag. Kandungan itu aktif bekerja memberikan perlindungan ekstra di lapisan lambung sekaligus menekan asam lambung agar nggak gampang naik.

Kadar airnya yang tinggi sampai 95% belum lagi kaya akan serat yang gampang larut mau pun yang nggak larut, tetaplah kandungan-kandungan sangat baik buat saluran pencernaan. Kamu harus tahu nih, setiap kamu konsumsi 1 gelas jus batang seledri, berarti kamu sudah memenuhi kebutuhan 5 gr dari serat makanan yang seharusnya.

Baca juga:  Inilah Segudang Manfaat Daun Pepaya Meskipun Mempunyai Rasa Pahit

 

Menurunkan Kolesterol

Ketika seseorang sudah menderita penyakit kolesterol, ke depannya bisa memicu penyakit jantung dan stroke atau pun penyakit berbahaya lainnya. Tapi dengan mengkonsumsi daun seledri, risiko kolesterol bisa semakin menurun, sekaligus meningkatkan fungsi kerja jantung dan organ-organ lainnya.

Senyawanya yang unik yakni BuPh berfungsi buat menurunkan lipid yang menjadi salah satu penyebab kolesterol. Nggak hanya lipid saja, kadar kolesterol trigiliserida juga ikut menurun kalau dikonsumsi secara rutin.

 

Sebagai Penetral Makanan

Nggak semua makanan yang kita konsumsi baik buat kesehatan kita, terutama bagus buat pencernaan. Makannya, kita harus mengkonsumsi daun seledri karena mampu menetralkan berbagai makanan yang sudah masuk ke dalam lambung.

Kandungan magnesium, sodium, dan zat besinya berfungsi aktif menetralkan makanan melalui cairan acid yang tinggi. Ketika kamu mengkonsumsi seledri, tentu kebutuhan acid akan ikut meningkat sehingga asam dalam tubuh bisa semakin seimbang. Kondisi seperti itulah yang membuat tubuh kita dalam kondisi basa atau alkali.

 

Meringankan Ketidaknyamanan Menstruasi

Buat para cewek-cewek, pasti nggak bisa lepas deh dari yang namanya menstruasi kan? Saat mau mendekati mensturasi, biasanya tubuh akan mengalami kondisi PMS yang tentu nggak nyaman banget dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Biar lebih nyaman, coba deh kamu minum atau makan seledri di saat kamu mulai merasa datang bulan. Seledri terutama bijinya punya senyawa yang bisa meringankan kondisi yang nggak nyaman saat menjelang atau bahkan saat menstruasi sedang berlangsung. Kamu bisa kok mengkombinasikannya dengan bahan alami lainnya, seperti adas atau kunyit.

 

Mencegah Gigitan Nyamuk

Kalau di rumah ada banyak nyamuk, pasti bakal nggak nyaman deh kita karena gigitannya yang akan meninggalkan gatal-gatal. Buat mengatasinya, kamu rasakan saja manfaat daun seledri yang bisa mencegah gigitan nyamuk. Memang gigitan nyamuk nggak semuanya berbahaya, tapi lebih baik kita cegah gigitannya juga karena membuat kita nggak nyaman.

Baca juga:  Tidak Sedikit, Inilah Segudang Manfaat Daun Binahong Untuk Tubuh dan Kulit

Kamu bisa kok mengoleskan pasta daun seledri pada kulit dan lihat sendiri bagaimana efek kelebihannya. Kalau nggak mau ribet, kamu bisa kok memakai produk pembasmi nyamuk yang sudah dilengkapi dengan ekstrak daun seledri.

 

Cara Mengkonsumsi Daun Seledri

Dari sejak zaman penjajahan Belanda, daun seledri selalu dimanfaatkan untuk pengobatan alami berbagai penyakit. Mulai dari batang, daun, biji, tangkal daun, umbi, sampai buahnya dipercaya sebagai obat alami yang mujarab. Kamu yang mengkonsumsinya sebenarnya ada banyak caranya loh.

Kamu bisa kok mengambil daun dan batangnya untuk dijadikan jus. Tapi kalau menurut kamu rasanya yang cukup pahit, kamu tambahkan saja dengan bahan lainnya, seperti buah-buahan atau sayuran. Tapi jangan lupa, sebelum kamu meminumnya, kamu saring dulu agar gampang kamu minum dan dicerna tubuh.

Nah, serat yang sebelumnya kamu saring itu bisa kok kamu manfaatkan sebagai masker. Cukup kamu oleskan saja sisa seratnya ke muka kamu dan tunggu sampai sekitar 30 menit. Masker seledri itu akan membuat wajah kamu terhindar dari masalah jerawat, penuaan dini, dan masalah kulit wajah lainnya.

Selain dijadikan jus, kamu bisa juga memakannya langsung. Kalau nggak mau ribet lagi, kamu pakai saja produk tablet atau kapsulnya sudah mengandung ekstrak daun seledri. Dijamin deh kamu akan merasakan manfaat daun seledri seperti di atas tadi.

Kamu yang mau rutin mengkonsumsi daun seledri, sebenarnya ada baiknya kamu konsultasi dulu dengan dokter. Nggak semua orang memberikan reaksi positif setelah konsumsi seledri. Tapi kalau memang nggak ada reaksi negatif pada tubuhmu, tetap konsumsi dengan jumlah yang wajar ya.