Manfaat Buah

Segudang Manfaat Buah Zuriat yang Jarang Diketahui Orang

1473
×

Segudang Manfaat Buah Zuriat yang Jarang Diketahui Orang

Sebarkan artikel ini

Segudang Manfaat Buah Zuriat yang Jarang Diketahui Orang

Manfaatnya.com – Nggak jarang pasangan yang mau cepat mendapatkan momongan selalu mencari banyak cara selama program hamil. Entah mengkonsumsi susu tertentu atau makan buah-buahan yang mempercepat kehamilan, seperti buah zuriat. Buah satu itu nggak asing lagi deh buat pasangan-pasangan yang mau cepat hamil. Tapi, tahu nggak sih selain bisa mempercepat kehamilan, masih ada manfaat buah zuriat yang lainnya?

Ternyata buah zuriat nggak hanya di seputaran program kehamilan saja, tapi juga bagus buat kesehatan tubuh kita. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa sekali pun, buah ini pas banget sebagai buah pelengkap untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sekilas Tentang Buah Zuriat

Buah zuriat atau nama luar negerinya disebut sebagai doum palm atau doum fruit punya nama latin lainnya yaitu Hyphaene thebaica. Tanaman ini termasuk dalam kelompok pohon palem yang sudah sangat umum sekali kamu temukan di negara bagian Arab serta Afrika Utara.

Kenapa buah ini sangat baik buat kesehatan tubuh? Di dalam buah zuriat ada kandungan yang sangat bagus untuk seluruh organ tubuh, seperti sumber karbohidratnya dan serat-seratnya yang baik. Nggak hanya itu loh, masih ada juga berbagai macam vitamin dan mineral yang dikandungnya, seperti kalium, fosfor, kalsium, natrium, Vitamin B kompleks, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Belum lagi dilengkapi dengan senyawa flavonoid dan fenol yang jumlahnya sangat tinggi. Kedua senyawa itu sangat berperan aktif sebagai antioksidan sekaligus antibakteri.

 

Manfaat Penting Buah Zuriat

Di kalangan masyarakat Indonesia, manfaat buah zuriat dikenal sebagai buah yang mampu mempercepat kehamilan. Tapi kalau kamu lihat di kandungan lainnya yang ada di dalam buah ini, kamu akan pasti akan merasa yakin kalau buah ini juga memberikan manfaat lebih untuk kesehatan tubuh kamu.

Baca juga:  Ragam Manfaat Pare Bagi Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Manusia

Daripada kamu penasaran terus, coba saja kamu lihat beberapa manfaatnya di bawah ini.

  1. Mengatasi Hipertensi

Hipertensi atau kadar tekanan darah yang tinggi sudah sangat umum terjadi pada masyarakat Indonesia. Selain dari pola hidup yang nggak sehat, hipertensi juga disebabkan oleh penyakit lainnya yang bisa memicunya. Di tahap-tahap awalnya, penderitanya nggak akan menyadarinya karena gejalanya seperti nggak terlihat langsung. Tapi kalau dibiarkan begitu saja, gejalanya bisa semakin terlihat dan justru membuat semakin bertambah parah.

Makannya, agar risiko hipertensi nggak terjadi, konsumsi saja buah zuriat yang mampu menurunkan kadar tekanan darah yang terlalu tinggi.

 

  1. Menurunkan Kolesterol

Manfaat lainnya dari buah zuriat adalah bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Kolesterol merupakan penyakit yang berbahaya kalau nggak kamu tangani dengan segera. Semakin parah kolesterolmu, maka akan semakin gampang penyakit lainnya datang, seperti stroke, jantung koroner, dan sebagainya.

Biar kolesterol dalam darahmu semakin menurun dan dalam kondisi yang normal, coba kamu konsumsi ekstrak buah zuriat dalam bentuk kapsul atau tabletnya. Sudah ada penelitian yang dilakukan untuk membuktikan kalau ekstrak buah zuriat sangat ampuh menurunkan trigliserida, kadar LDL atau kolesterol jahat, serta lemak berlebih dalam darah.

 

  1. Mengatasi Diabetes

Diabetes juga termasuk penyakit yang nggak boleh disepelekan begitu saja. Gejala-gejala yang paling terlihat yaitu bagian kaki atau tangan tertentu yang menghitam. Kalau sudah bertambah parah, bagian yang menghitam itu harus diamputasi agar nggak menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Ada banyak cara buat mencegahnya selain mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang manis, yaitu dengan memanfaatkan buah zuriat. Dari penelitian yang sudah pernah dilakukan, selain bisa menurunkan lemak jahat, kadar LDL, mau pun trigliserida, buah zuriat bisa mengatasi gula darah yang berlebih sehingga bisa diturunkan.

Baca juga:  Mengintip Manfaat Buah Alpukat yang Terkandung di Dalamnya Dan Berbagai Jenis Alpukat Enak

Dalam hal ini, manfaat buah zuriat yaitu sebagai anti diabetes. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, kadar gula dalam darah akan semakin menurun tanpa memberikan efek samping yang berbahaya.

 

  1. Mencegah Peradangan

Kalau punya jerawat yang parah, tentu akan menyebabkan peradangan dan akhirnya akan menjadi infeksi yang parah. Selain itu, luka yang dibiarkan begitu saja juga bisa membuat peradangan sehingga lukanya akan susah buat sembuh. Buat mengatasi hal itu, kamu manfaatkan saja buah zuriat yang ternyata punya sifat antibakteri untuk mencegah peradangan.

Antibakteri yang dikandungnya bekerja secara aktif mencegah peradangan sekaligus infeksi. Kedua masalah kulit itu sebagian besarnya berasal dari bakteri, entah itu dari lingkungan sekitar, debu, atau lainnya. Agar nggak gampang terkena infeksi dan lukanya meradang, coba kamu balurkan saja buah zuriatnya ke bagian luka atau jerawat.

 

  1. Mengobati Sembelit

Masalah pencernaan, khususnya sembelit tentu membuat perut akan merasa nggak nyaman. Kamu akan merasakan kotoran yang seperti menumpuk di perut tapi nggak bisa dikeluarkan. Kalau dibiarkan saja, tentu bisa menjadi masalah pencernaan yang serius. Tapi tenang saja, sembelit masih bisa diatasi dengan memakai buah zuriat.

Buahnya yang mengandung banyak serat bisa kamu manfaatkan buat memperlancar saluran pencernaanmu. Jadinya buang air besarmu akan semakin lancar tanpa khawatir lagi sembelit.

 

  1. Melancarkan Haid

Nih buat kamu cewek-cewek yang punya masalah dengan menstruasi atau haid, coba deh kamu konsumsi buah zuriat secara rutin. Nggak semua cewek punya jadwal haid yang tepat setiap bulannya, terkadang ada yang telat atau ada juga yang lebih cepat dari jadwal sebenarnya. Makannya, lancarkan menstruasimu dengan mengkonsumsi ekstrak buah zuriat.

Buah zuriat sudah dipercaya dari sejak lama untuk memperlancar peredaran darah, sehingga kamu bisa tetap datang bulan dengan tepat waktu. Selain memanfaatkan ekstrak buahnya, kamu bisa kok membuat air rebusan buah zuriatnya dan kamu meminumnya langsung.

Baca juga:  Inilah Berbagai Manfaat Cuka Apel Bagi Kecantikan dan Kesehatan Manusia, Mulai dari Membersihkan Pori-Pori Hingga Menyehatkan Jantung

 

  1. Mencegah Kanker

Kanker termasuk penyakit yang mematikan di seluruh dunia. Gejalanya nggak bisa kamu rasakan langsung, tapi lambat laun ketika gejalanya semakin parah, ternyata kankernya sudah menyebar ke bagian organ lainnya. Nggak heran kan kalau kanker termasuk penyakit yang bisa membunuh diam-diam penderitanya di seluruh dunia?

Buat mencegahnya, kamu coba deh konsumsi buah zuriat yang di dalamnya ada kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidannya itu berfungsi buat mencegah secara dini perkembangan sel-sel kanker agar nggak aktif.

 

  1. Mengurangi Stress

Setiap orang pasti pernah merasakan stress kan? Stress ada banyak penyebabnya, entah itu dari aktivitas sehari-hari, masalah yang dihadapi, pengaruh lingkungan, atau radikal bebas. Ada banyak cara buat mengatasi stress kok, salah satunya dengan memanfaatkan buah zuriat.

Nggak banyak yang tahu loh kalau manfaat buah zuriat bisa sebagai obat menenangkan stress secara alami. Kandungan kumarin, flavonoid, antioksidan, dan hydroxycinnamates-nya mampu mengurangi stress yang bersifat oksidatif.

 

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh merupakan tameng agar bakteri, virus, atau kuman-kuman yang membawa penyakit nggak akan gampang menyerang kamu. Kalau sistem imunnya lemah, tentu kamu akan gampang terkena penyakit, seperti flu, pilek, dan sebagainya.

Makannya, coba kamu konsumsi buah zuriat yang kaya akan kandungan Vitamin C. Vitamin itulah yang membuat sistem imun kamu semakin kebal terhadap penyakit tertentu, terutama penyakit menular.

 

Ternyata banyak banget kan manfaat buah zuriat yang belum ketahui? Kalau kamu punya masalah kesehatan seperti di atas, coba deh kamu mulai sekarang mengkonsumsi buah zuriat secara teratur. Tapi, nggak ada salahnya kamu coba konsultasi dulu dengan dokter agar cara mengkonsumsiannya tepat. Selain itu, lengkapi dengan pola hidup yang sehat agar pengobatan alami ini semakin efektif.