Manfaat Sayuran

Cara Kerja, Dosis yang Tepat, dan Manfaat Daun Seledri Buat Kesehatan Tubuh

916
×

Cara Kerja, Dosis yang Tepat, dan Manfaat Daun Seledri Buat Kesehatan Tubuh

Sebarkan artikel ini

Cara Kerja, Dosis yang Tepat, dan Manfaat Daun Seledri Buat Kesehatan Tubuh

Manfaatnya.com – Siapa sih yang nggak tahu daun seledri? Daun itu gampang banget kita temukan di pasar atau supermarket, apalagi kegunaannya yang buat penyegar rasa dan aroma sop. Tapi, tahu nggak sih kalau manfaat daun seledri masih ada banyak lagi? Yups, daun seledri ternyata punya banget manfaat yang sangat menyehatkan tubuh kita, mulai dari mencegah penyakit serius sampai menyembuhkan beberapa penyakit tertentu.

Apa saja sih manfaat-manfaat daun sop ini? Lalu, bagaimana cara kerja dan dosisnya yang tepat? Daripada kelamaan penasaran, coba saja kamu baca-baca dulu penjelasannya di artikel ini.

Manfaat Seledri buat Kesehatan

Seledri termasuk sayuran yang punya banyak kandungan yang menyehatkan tubuh kalau dikonsumsi dengan tepat. Seratnya yang tinggi serta rendah kalorinya juga dilengkapi dengan banyak varian vitamin dan mineral. Mulai dari vitamin K, vitamin C, vitamin B kompleks, magnesium, kalsium, mangan, dan masih banyak lagi.

Juga sebagai antioksidan tubuh, berikut adalah manfaat-manfaat seledri buat kesehatan.

  1. Menurunkan kolesterol

Manfaat pertama yang bisa kamu rasakan yaitu seledri bisa menurunkan kadar kolesterol jahat ditubuh kamu. Kenapa bisa sih? Di daun seledri, ada senyawa 3 n butylphthalide yang mampu menekan lemak pada darah. Bahkan ada penelitian resminya kalau kolesterol jahat atau HDL sekaligus trigliserida semakin menurun setelah diberikan ekstrak seledri.

Jadi semakin jelas kan? Kalau kamu punya kadar kolesterol yang tinggi, konsumsi saja daun seledri secara rutin 2 hari sekali. Kamu bisa membuatnya jadi jus atau di konsumsi langsung di sop.

  1. Mengurangi nyeri sendi

Kamu yang punya nyeri sendi, bisa loh disembuhkan dengan mengkonsumsi seledri. Disebut-sebut sebagai pereda nyeri, daun seledri ternyata punya kandungan anti inflamasi yang fungsinya buat meringankan rematik, asam urat, dan sendi.

Baca juga:  Ragam Manfaat Pare Bagi Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Manusia

Senyawa 3 n butylphthalide lah yang memicu manfaat itu bisa kamu rasakan kalau dikonsumsi secara teratur. Agar lebih berkhasiat, jangan lupa konsumsi saja semua bagiannya, mulai daun sampai batangnya. Batangnya dipercaya memberikan manfaat pereda asam urat dan sebagai diuretik.

  1. Menurunkan tekanan darah

Penderita kardiovaskular dan yang punya tekanan darah yang tinggi juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun seledri loh. Buat saja rebusan daun seledri selama 2 hari sekali, nantinya kamu akan menikmati khasiat kandungan kalium di dalamnya.

Tadi kamu sudah tahu kan kalau seledri bisa mengurangi kadar lemak jahat di dalam tubuh? Nah, penderita kolesterol sekaligus tekanan darah tinggi yang menjadi pemicu penyakit kardiovaskular itu bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun seledri.

  1. Mengatasi menstruasi nggak nyaman

Buat cewek-cewek, menstruasi merupakan kondisi kesehatan yang normal dialami tiap bulannya saat nggak sedang hamil. Tapi terkadang, gejala-gejala menstruasi atau saat sedang mengalaminya, perut terasa nggak nyaman sehingga mengganggu kegiatan sehari-hari. Coba deh buat mengatasi perut nggak nyaman, kamu konsumsi saja daun seledri.

Daun dan batangnya, terutama bagian bijinya merupakan obat yang ampuh mengatasi PMS dan menstruasi yang sedang berlangsung. Apalagi kalau kamu menambahkannya dengan obat alami lainnya, seperti adas dan kunyit. Dijamin deh rasa sakit selama menstruasi bisa semakin berkurang.

  1. Gigitan nyamuk bisa dicegah

Manfaat daun seledri yang dipercaya sampai sekarang yaitu bisa mencegah gigitan nyamuk. Dari beberapa jenis nyamuk, gigitannya memang tidak semuanya memberikan bahaya kesehatan, tapi kalau sudah kena gigitannya, pasti juga membuat kulit menjadi gatal-gatal dan nggak nyaman. Karena itu, gunakan seledri buat mengusir nyamuk-nyamuknya.

Sudah dilakukan penelitian kalau ekstrak seledri ampuh mengusir nyamuk kurang lebih selama 4,5 jam. Selain dari ekstraknya kamu konsumsi, kamu juga bisa kok memakai obat pengusir nyamuk yang sudah ditambahkan dengan kandungan seledri.

  1. Meningkatkan sistem pencernaan

Punya masalah pencernaan? Coba deh kamu konsumsi juga seledri secara rutin. Di dalam seledri ada serat yang tinggi dan anti oksidan yang mampu meningkatkan sistem pencernaan kamu.

Baca juga:  25+ Manfaat lidah buaya Untuk Wajah, Kulit Hingga Rambut

Mulai dari darah pada usus bisa ditingkatkan sirkulasinya, kembung diredakan, sampai ulkus juga bisa diatasi adalah manfaat seledri yang bisa kamu rasakan. Hanya saja, kamu konsumsi dalam batasan yang wajar ya. Kalau pencernaanmu sudah terganggu dengan tingkat yang parah, lebih baik konsultasi dulu dengan dokter apakah boleh mengkonsumsi seledri.

  1. Infeksi saluran kemih bisa dicegah

Kamu tahu infeksi saluran kemih? Infeksi itu merupakan jenis infeksi yang menyerang secara khusus pada organ saluran kemih, seperti ginjal dan uretra. Selama mengalami infeksinya, kamu pasti nggak akan nyaman dan terus menerus buang air kecil. Buat mengatasinya, kamu bisa mengkonsumsi daun seledri yang dijus atau yang sudah berupa ekstraknya.

Tadi sudah sempat dikatakan kalau seledri punya sifat diuretik. Kandungan itu nggak hanya mengatasi rematik dan asam urat saja, tapi juga mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Kamu yang susah mengeluarkan urin, bisa kok dirangsang dengan bantuan konsumsi seledri. Tapi, tetap jangan lupa ya kamu harus imbangi juga dengan mengkonsumsi air putih yang cukup.

  1. Buat diet sehat

Nah, kamu termasuk orang sedang diet? Coba deh tambahkan seledri sebagai menu diet kamu. Seledri termasuk sayuran yang bisa membuat berat badan menurun dan menjaganya tetap stabil loh.

Seledri yang kaya nutrisi, berserat yang tinggi, sampai punya rendah kalori, bisa menjadi sayuran yang tepat buat diet. Selain itu, kamu nggak usah khawatir mengalami malnutrisi karena seledri juga punya kandungan yang kaya mineral dan vitamin.

  1. Anti kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan harus diwaspadai. Buat mencegah penyakit kanker, konsumsi saja seledri karena bisa bertindak sebagai anti kanker.

Baca juga:  Manfaat Wortel: Keajaiban untuk Kesehatan dan Kecantikan

Seledri yang punya kandungan anti oksidan tentu saja membuat sel-sel kanker nggak akan gampang bertumbuh. Selain menjaga organ dari serangan sel kanker, antioksidannya bisa mencegah sel-sel organ badanmu mengalami kerusakan saat sedang mengalami sakit kankernya.

 

Cara Kerja dan Dosis yang Tepat Konsumsi Daun Seledri

Sudah tahu kan gimana manfaat daun seledri yang baik buat kesehatan tubuh? Dari cara kerjanya, penelitian sudah menunjukan kalau seledri punya kandungan anti hipertensi dan anti kolesterol sehingga penyakit tekanan darah tinggi sekaligus kolesterol yang memicu penyakit kardiovaskular bisa teratasi dengan baik.

Nggak hanya kedua kandungan itu saja, masih ada lagi yang namanya alkaloid yang terbukti mengatasi kejang-kejang saat demam tinggi karena adanya anti kejang.

Berapa banyak sih dosis yang tepat buat mengkonsumsi seledri? Entah itu dalam bentuk biji, kapsul, minyak, sampai minyaknya, lebih baik jangan dikonsumsi terlalu berlebihan. Memang memberikan banyak manfaat, tapi kalau terlalu berlebihan juga nggak akan sehat buat organ tubuh kamu.

Dosis pada umumnya sekitar 1 sampai 4 gram. Tapi, setiap orang punya dosisnya masing-masing, khususnya kalau mau konsumsi daun seledrinya secara langsung. Kondisi kesehatannya dan umur menjadi pertimbangan berapa banyak seledri yang bisa dikonsumsi. Biar lebih jelasnya, kamu konsultasi saja dengan dokter agar nggak salah dosis.

 

Sudah kenal kan berapa banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mengkonsumsi daun seledri? Sebenarnya masih banyak banget manfaat daun seledri yang bisa kamu dapatkan, seperti anti inflamasi, menyehatkan ginjal, sebagai anti bakteri, dan masih banyak lagi. Nggak ada salahnya kamu mencobanya sendiri tapi dengan dosis yang tepat ya.