Manfaat BuahManfaat Sayuran

Ragam Manfaat Pare Bagi Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Manusia

1369
×

Ragam Manfaat Pare Bagi Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Manusia

Sebarkan artikel ini

Ragam Manfaat Pare Bagi Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaatnya.com – Masyarakat banyak mengenal pare sebagai jenis sayuran yang memiliki rasa pahit. Peria, nama lain dari pare sebenarnya secara ilmiah merupakan jenis tumbuhan merambat dengan potensi tumbuh dan berkembang di daerah Asia tropis seperti India dan Indonesia. Meski begitu, pare juga sudah bisa ditemukan di banyak negara karena permintaan masyarakat yang tinggi. Meski memiliki rasa pahit, ternyata ada banyak manfaat pare yang bisa dirasakan oleh manusia.

Manfaat tersebut mulai dari segi kesehatan tubuh hingga kecantikan. Mungkin itu juga alasan mengapa banyak orang yang menyukai sayuran pahit yang satu ini. Maka dari itu, berikut akan kami jabarkan apa saja manfaat pare. Pastikan untuk membacanya hingga selesai ya!

 

Pare Mampu Menyehatkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan menjadi penting karena ia adalah sistem yang mengolah apapun yang dikonsumsi oleh manusia. Apabila ada makanan atau minuman kotor, terlalu panas, dingin, berminya, atau apapun yang tidak sehat, sistem pencernaan akan bereaksi dalam beberapa cara; ia tidak bekerja sempurna dan seseorang sulit buang air kecil atau besar dan ia bekerja terlalu sering tetapi mengeluarkan cairan yang encer.

Saking pentingnya, sistem pencernaan harus selalu dijaga dengan konsumsi dan gaya hidup sehat. Tetapi jika pencernaan Anda sudah terlanjur bermasalah dengan gejala sulitnya Anda buang air, Anda bisa loh mengonsumsi pare untuk melancarkannya kembali.

Mengapa pare bisa seperti itu? Ternyata berbagai kandungan baik dalam pare mampu merangsang gerak peristaltik yang bekerja dalam memproses makanan dan minuman di usus dalam tubuh. Diketahui ini dapat membantu Anda untuk mengurangi gangguan pencernaan berupa sembelit.

Baca juga:  Terungkap! Inilah Manfaat Jeruk Lemon yang Wajib Kamu Ketahui

 

Pare Mampu Mencegah Timbulnya Penyakit Kanker

Kanker menjadi penyakit berbahaya kedua yang menyerang manusia setelah penyakit jantung. Kanker dapat menyerang seseorang ketika mereka terpapar zat kimia, polusi, bahkan sinar matahari terus menerus. Namun tentu hal ini cukup sulit dihindari, apalagi bagi mereka yang pekerjaannya sehari-hari mengharuskan untuk bersentuhan dengan zat kimia. Apa yang bisa dilakukan hanyalah pencegahan.

Selain menerapkan gaya hidup sehat, kanker pun dapat dicegah dengan konsumsi pare tiap kali makan. Mengapa harus pare? Sebab ia ternyata memiliki kandungan beta karotena yang biasa ditemukan dalam sayur brokoli. Namun jumlahnya bisa dua kali lebih besar daripada yang ada dalam brokoli tersebut. Konsumsi pare selain menyehatkan Anda juga dapat melindungi tubuh dari timbulnya penyakit kanker.

 

Pare Mampu Meminimalisir Terjadinya Penyakit Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah terjadi akibat infeksi virus Dengue yang masuk ke dalam tubuh manusia lewat gigitan nyamuk. Nyamuk ini datang dari keadaan sekitar yang kotor. Di Indonesia sendiri ada sekitar 15 ribu kasus masyarakat terkena demam berdarah dalam setahun. Untuk mengetahui seseorang terkena DBD biasanya dilakukan uji laboraturium.

Biasanya seseorang akan sembuh dengan sendirinya dari demam berdarah dalam hitungan harian hingga bulanan. Namun jika lebih dari itu seseorang sudah harus meminta bantuan medis untuk dirawat lebih lanjut. Nah ternyata pare bisa loh menjadi penangkal demam berdarah ini.

Alasannya adalah ekstrak biji pare memiliki kandungan sebagai obat yang mampu membasmi larva yang nantinya menjadi aedes aegypti. Nyamuk jenis inilah yang akan menyebarkan demam berdarah pada manusia. Tertarik mencoba?

 

Pare Mampu Mencegah Penyakit Jantung

Jantung menjadi penyakit utama yang banyak diidap oleh masyarakat di Indonesia. Biasanya jantung dapat dialami oleh siapa saja tidak tergantung usia. Namun mereka yang berusia lanjut biasanya lebih berisiko. Penyakit jantung dipicu oleh gaya hidup tidak sehat hingga merokok.

Baca juga:  Segudang Manfaat Buah Zuriat yang Jarang Diketahui Orang

Ketika fungsi jantung melemah, maka seluruh tubuh bisa ikut bermasalah. Bagaimana tidak, jantung bertugas memompa darah untuk disebarkan ke seluruh tubuh. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan berolahraga yang cukup. Konsumsi makanan juga harus diperhatikan.

Misalnya dengan mengonsumsi pare yang terkenal mampu mengurangi kadar kolestrol jahat dalam tubuh yang dapat menyumbat dinding arteri. Dinding arteri ini penting agar darah teralirkan dengan baik lewat pompaan jantung. Selain mencegah penyakit jantung, pare pun menutrisi daerah jantung agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Pare Mampu Menjadi Anti Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang membuat penderitanya memiliki kadar gula dalam darah yang tinggi. Karena dapat menyerang siapa saja, banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk melindungi dirinya dari penyakit yang satu ini. Tahukah Anda bahwa penelitian telah menunjukkan pare, sayuran yang biasa dikonsumsi di Indonesia, dapat menjadi anti diabetes bagi manusia.

Seorang peneliti asal Inggris di tahun 1996 lalu menyatakan sari dan serbuk yang didapatkan dari pare kering bisa mengurangi kadar gula dalam darah dengan kandungannya yang mampu meningkatkan toleransi pada gula atau glukosa ini. Bubuk pare kemudian bisa langsung diminum dengan cara diseduh menjadi the dengan air hangat.

Jauh sebelum penelitian ini ada, ternyata orang zaman dahulu sudah menggunakan pare sebagai obat alternatif bagi diabetes. Sebab pare mampu menghasilkan hipoglikemik yang mampu mengurangi glukosa lewat insulin nabati dalam tubuh manusia. Jadi selain mengobati, pare juga mampu menjaga agar manusia tidak menderita diabetes.

 

Pare Mampu Mengobati Jerawat

Jerawat terjadi karena beberapa sebab, seperti wajah yang tidak dijaga dan dibersihkan dari make up atau debu dari luar. Jerawat juga dapat muncul dari konsumsi makanan berminyak serta olahraga yang kurang. Namun salah satu penyebab munculnya jerawat juga karena menstruasi pada perempuan.

Baca juga:  Apa Saja Sih Manfaat Kulit Manggis Buat Kesehatan Kulit dan Organ Tubuh?

Banyak orang yang merasa tidak percaya diri ketika jerawatnya muncul, apalagi pada bagian wajah yang langsung akan dilihat oleh orang lain. Nah ternyata salah satu manfaat pare juga dapat meredakan jerawat yang bisa menimbulkan infeksi kulit. Selain itu, pare dapat membersihkan wajah dari noda hitam bekas jerawat dan yang paling penting, kandungan anti oksidannya mampu menjadi kebal anti penuaan.

 

Pare Mampu Menurunkan Berat Badan

Obesitas atau kelebihan berat badan kini menjadi hal yang biasa di masyarakat. Mereka yang obesitas ini biasanya senang mengonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak dan sering. Kandungan nutrisi pun menjadi nomor kesekian asal dianggap sesuai dengan selera. Padahal jika dibiarkan terus menerus, aktifitas tersebut dapat menyebabkan penumpukan lemak pada tubuh.

Lemak yang menumpuk dapat mengganggu aktifitas penderitanya. Mereka akan lebih sering lapar, jika sudah makan mereka pun mudah mengantuk dan malas bergerak. Apabila penumpukan lemak berada di daerah perut, mereka biasanya kesulitan untuk bernapas dan lebih suka berdiri daripada harus duduk.

Solusi yang dapat dilakukan dalam menurunkan berat badan agar terhindar dari obesitas adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga yang cukup, konsumsi makanan dan minuman rendah gula, berhenti merokok, dan lain sebagainya. Untuk semakin memaksimalkan usaha tersebut, Anda bisa memasukkan pare ke dalam daftar sayuran wajib tiap hari.

Kandungan anti oksidan dalam pare membuat metabolisme meningkat. Alhasil, pencernaan akan lancar dan lemak tidak menumpuk di tubuh saja. Jadi apa yang Anda makan hari ini akan keluar hari berikutnya. Hal ini tentu membuat berat badan Anda menjadi turun hingga obesitas tidak akan datang lagi.

 

Jadi itulah tadi manfaat pare yang bisa Anda rasakan untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Untuk mengelolanya tentu ada berbagai cara, misalnya dengan menjadikannya sebagai bubuk seperti yang sudah dijelaskan tadi, membuatnya menjadi sayur, jus, atau bahkan masker yang diaplikasikan langsung pada wajah. Selamat mencoba!