Manfaat Buah

Ragam Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

1271
×

Ragam Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Sebarkan artikel ini

Ragam Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaatnya.com – Tin merupakan buah yang berasal dari tumbuhan bernama sama. Ia tumbuh di sekitar wilayah Asia Barat. Buah dengan nama ilmiah fucis carica ini masuk dalam kingrom pantae yang dalam bahasa inggris disebut sebagai fig atau ara. Manfaat buah tin sendiri ada banyak, bahkan hal tersebut ditegaskan dalam surah berjudul sama di dalam Al-Qur’an.

Buah yang dianggap sebagai buah surga bagi orang agama Islam ini memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh manusia. Kandungan tersebut di antaranya vitamin, serat, mineral, bahkan mampu menjadi gula alami. Lantas dengan kandungan sebanyak ini apa saja manfaat buah tin bagi manusia? Berikut penjabarannya.

 

Buah Tin Mampu Mengatasi Insomnia

Insomnia adalah keadaan di mana tubuh dan pikiran menolak untuk tertidur di waktu-waktu yang dianggap normal. Biasanya orang tertidur sekitar pukul 9 atau 10 malam. Insomnia terjadi pada mereka yang memiliki kesulitan tidur karena rasa cemas, depresi, konsumsi obat, atau karena olahraga yang kurang.

Jenis insomnia ada dua, mereka yang tidak bisa tertidur sama sekali atau mereka yang tertidur tetapi tidak berkualitas. Di Indonesia sendiri kasus orang-orang dengan insomnia lebih dari 2 juta kasus per tahunnya. Adapun yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia ini adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat berupa olahraga dan konsumsi makan minum yang sehat.

Selain gaya hidup sehat, orang yang mengalami insomnia juga bisa diberikan terapi guna mengidentifikasi lebih lanjut apa permasalahan yang dialaminya hingga sulit tidur. Sebab apabila dibiarkan begitu saja, orang yang insomnia akan mengalami perubahan emosi yang drastis, aktivitas sehari-hari juga dapat terganggu. Nah, tahukah Anda bahwa ternyata buah tin mampu menjadi obat herbal dalam mengatasi insomnia ini.

Baca juga:  Mengenali Manfaat Buah Naga dan Kandungan Nutrisi yang Baik untuk Ibu Hamil

Kandungan magnesium yang tinggi dalam buah tin dipercaya mampu meredakan depresi, cemas, dan stress yang menjadi penyebab utama dari insomnia. Konsumsi buah tin bisa dilakukan dengan cara dimakan langsung atau dijadikan manisan.

 

Buah Tin Mampu Menguatkan Tulang

Tulang adalah bagian terpenting dari manusia. Maka tidak heran jika sejak kecil, orang tua akan membiasakan anaknya untuk mengonsumsi susu yang dipercaya kaya akan kalsium. Tidak hanya pada anak, orang berusia lanjut pun sangat menjaga kesehatan tulangnya dengan konsumsi susu tulang bagi usia tertentu.

Tahukah Anda, salah satu buah yang dianjurkan untuk menguatkan tulang adalah buah tin. Manfaat buah tin yang satu ini cocok bagi anak dalam masa pertumbuhan hingga mereka yang sebentar lagi manapouse. Kandungan kalsium, kalium, hingga magnesium dalam buah tin bahkan lebih lengkap daripada segelas susu.

 

Buah Tin Mampu Meredakan Nyeri Tenggorokan

Nyeri tenggorokan biasanya terjadi ketika seseorang sedang flu. Nyeri ini dirasakan ketika menelan makanan atau minuman. Makanan panas dan minuman dingin adalah pemicu terbesar dari nyeri tenggorokan. Bisa juga dikarenakan mulut yang sering terbuka ketika tidur.

Apabila sudah seperti ini, sebaiknya Anda mulai mengonsumsi obat atau buah tin. Buah tin atau buah ara dengan kandungan lendirnya yang tinggi dapat menenangkan tenggorokan yang sedang meradang karena penyebab di atas. Tidak hanya menenangkan, buah tin dengan sendirinya akan menyembuhkan secara perlahan nyeri tenggorokan tersebut selama Anda mengonsumsinya secara rutin.

 

Buah Tin Mampu Mengobati Anemia

Penyebab utama dari anemia atau kekurangan darah adalah kurangnya zat besi yang ada dalam tubuh. Kasus yang bahkan terjadi sebanyak 2 juta di Indonesia tiap tahunnya ini bisa dideteksi dengan beberapa gejala, seperti kelelahan yang berlebihan, merasa pusing atau vertigo, degub jantung yang cepat, hingga kulit menjadi lebih pucat dari biasanya.

Baca juga:  Ragam Manfaat Pare Bagi Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Manusia

Untuk mendapatkan pengobatan yang cocok, orang yang diduga anemia akan diuji di laboraturium. Adapun mereka yang berisiko tinggi terserang anemia adalah anak yang sedang tumbuh kembang, remaja dan wanita dewasa yang sedang mengalami menstruasi, hingga wanita yang sedang hamil.

Jadi salah satu manfaat buah tin juga bisa ditemukan dalam hal ini. Namun cara pengolahannya harus dikeringkan terlebih dahulu agar zat besi yang ada didalamnya keluar dengan sempurna. Zat besi inilah nantinya yang membentuk hemoglobin pada mereka yang sedang anemia.

 

Buah Tin Mampu Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

­Kekebalan tubuh atau yang sering dikenal dengan sistem imun adalah kumpulan sel yang secara biologis mampu melakukan pertahanan dan perlindungan terhadap pengaruh luar dengan kemampuan membunuh patogen. Sebagai entitas yang kompleks, manusia dibekali mekanisme pertahanan yang bersifat bawaan dan adaptif dengan mengerahkan respons pertahanan seiring berjalannya waktu.

Ada berbagai penyebab mengapa sistem imun seseorang dapat melemah, yaitu; ia sedang mengalami stress, imun tubuh kurang aktif karena jarang berolahraga, kekurangan tidur atau tidur tidak berkualitas, bahkan dehidrasi. Apabila sistem imun tubuh melemah, tubuh akan mudah terserang berbagai virus, bakteri, dan parasite yang dapat membuat seseorang mengidap penyakit tertentu.

Adapun yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kembali sistem imun kita adalah dengan mengonsumsi vitamin, mengganti pola hidup menjadi lebih sehat, serta konsumsi minuman yang merasa diperlukan. Nah, salah satu buah yang dapat dikonsumsi guna meningkatkan kembali sistem imun adalah buah tin. Kandungan buah tin mampu mencukupkan kalium, mangan, dan antioksidan dalam tubuh seseorang. Sehingga ia tidak mudah diserang penyakit apapun.

 

Buah Tin Mampu Menjaga Berat Badan

Berat badan yang berlebihan pada seseorang akan membuatnya menjadi obesitas dan tidak mampu beraktivitas dengan lancar. Kesulitan pernapasan juga akan dialami jika lemak menumpuk pada bagian perut yang dapat menghambat masuknya oksigen. Bagi perempuan, menjaga berat badan adalah hal wajib guna menunjang penampilan.

Baca juga:  Tak Terduga! Inilah Manfaat Buah Mengkudu yang Jarang Diketahui

Selain rutin mengonsumsi makanan dan minuman sehat, serta menyeimbanginya dengan olahraga yang cukup, ternyata buah tin juga dapat mengambil bagian untuk mempertahankan berat badan. Khasiat ini ditemukan dari penelitian di Universitas of Scranton. Bahwa ternyata buah-buahan kering seperti buah tin mampu memberikan nutrisi yang baik bagi mereka yang ingin menjaga berat badannya.

 

Buah Tin Mampu Menjadi Obat Herbal Peninggi Badan

Tinggi badan menjadi fokus bagi mereka yang ingin mendapatkan pekerjaan yang menjadikan tinggi badan sebagai syarat utamanya. Berbagai obat peninggi badan pun beredar luas di pasaran. Selain obat, ada juga yang menjanjikan dapat meninggikan badan dalam sekali terapi. Semua usaha tersebut tentu tidak menjanjikan.

Jika Anda saat ini sedang ingin meninggikan badan untuk kepentingan tertentu, mungkin mulai sekarang Anda wajib mengonsumsi buah tin di rumah. Mengapa harus buah tin? Sebab ia memiliki nutrisi yang lebih banyak dibanding segelas susu biasa yang sering Anda percaya dapat menambah tinggi badan.

 

Buah Tin Mampu Menambah Berat

Banyak orang yang ingin memiliki tubuh yang kurus karena merasa berat dengan bobotnya yang sekarang. Namun tidak sedikit juga dari orang yang ingin memiliki tubuh berisi agar tidak dianggap ceking oleh teman-teman di sekitarnya. Susu penambah berat badan selalu menjadi pilihan utama masyarakat. Belum lagi dengan banyaknya iklan yang menjanjikan badan berisi dengan mengonsumsi produk tertentu.

Daripada Anda memilih jalan yang belum tentu dapat berkhasiat, Anda mulai sekarang dapat mencoba mengonsumsi buah tin setiap hari. Cara olahan agar menambah berat badan adalah dengan dijadikan manisan. Anda cukup memotong buah tin dan memasaknya dengan air gula, asam, dan cabe. Masukkan di kulkas untuk konsumsi yang lebih nikmat. Lakukan setiap hari dan rasakan manfaatnya.

 

Jadi itulah tadi berbagai manfaat buah tin yang mungkin belum Anda ketahui selama ini. Selain dimakan langsung, buah tin dapat diolah menjadi selai dan manisan juga. Olahannya tentu disesuaikan dengan selera Anda masing-masing. Bagaimana pun cara olahannya, Anda tetap dapat merasakan manfaatnya. Selamat mencoba!