Manfaat Buah

Mengintip Manfaat Buah Alpukat yang Terkandung di Dalamnya Dan Berbagai Jenis Alpukat Enak

1187
×

Mengintip Manfaat Buah Alpukat yang Terkandung di Dalamnya Dan Berbagai Jenis Alpukat Enak

Sebarkan artikel ini

Mengintip Manfaat Buah Alpukat yang Terkandung di Dalamnya Dan Berbagai Jenis Alpukat Enak

Manfaatnya.com – Siapa yang tak mengenal buah hijau yang satu ini? Buah alpukat memang menjadi kegemaran sebagian masyarakat di seluruh dunia. Rasanya yang enak dan mengenyangkan, tentu membuat buah ini banyak dicari oleh orang untuk dikonsumsi. Selain rasanya yang enak, ternyata manfaat buah alpukat tidak dapat diragukan.

Berbagai manfaat buah alpukat membuat banyak orang yang menjadikan buah ini sebagai buah konsumsi rutin setiap hari. Sebelum mengulas mengenai berbagai manfaat buah alpukat, terlebih dahulu kita cari tahu jenis-jenis buah alpukat unggul dengan rasa yang paling nikmat.

Jenis Buah Alpukat Unggul dengan Rasa yang Enak

Sama halnya dengan buah-buahan lainnya, alpukat juga memiliki beberapa jenis yang unggul di kelasnya. Bahkan, tidak jarang orang harus berburu untuk mendapatkannya. Berikut jenis-jenis alpukat unggulan yang terkenal enak rasanya.

Alpukat Wina

Jenis alpukat ini merupakan salah satu jenis alpukat local yang menjadi primadona di kalangan jenis alpukat lainnya. Alpukat dengan ukuran 1.3 – 1.8 kg ini terhitung cukup besar dibandingkan dengan alpukat lainnya.

Buah alpukat ini memiliki karakteristik daging yang tebal, padat, dan berwarna kuning. Selain itu, rasanya yang gurih, manis, dan nikmat menjadi daya tarik tersendiri bagi alpukat ini. Tak heran, orang banyak mencari alpukat jenis ini di mana-mana.

Baca juga:  Tak Terduga! Inilah Manfaat Buah Mengkudu yang Jarang Diketahui

Alpukat Mentega

Alpukat mentega cukup banyak digemari karena memiliki daging buah yang tebal, padat, dan memiliki tekstur yang kenyal. Hal yang menarik dari buah ini adalah dagingnya yang berwarna kuning cantik dan tampak bersih layaknya mentega.

Buah ini memiliki bentuk bulat di bagian pangkal dan ujungnya, serta memiliki panjang sekitar 13-17 cm dengan diameter 10-14 cm. berat buah ini sendiri memiliki ukuran 600 gram per buah. Kadar protein yang terkandung di dalamnya sebesar 1,37% dan lemak 7,58%.

Alpukat Miki

Alpukat miki tergolong memiliki ukuran yang kecil. Berat satu buahnya adalah sekitar 400-600 gram saja. Meski memiliki ukuran yang kecil, akan tetapi alpukat jenis ini memiliki warna kuning, padat, dan juga pulen sehingga sangat menggugah selera.

Kelebihan dari jenis alpukat ini adalah buah yang satu ini sangat dibenci oleh hama ulat, pasalnya kulit buah alpukat miki yang cenderung tebal membuat ulat-ulat sulit untuk menembus kulit buah ini sehingga aman dari serangan hama ulat.

Alpukat Kendil

Alpukat kendil memiliki ukuran yang cukup besar dan menyerupai kendil.  Satu buah alpukat kendil memiliki ukuran berat mencapai 1-2 kg. Karakteristik buah alpukat ini adalah dagingnya yang tebal dan biji yang kecil. Bahkan, buah alpukat ini memiliki rasa yang lebih nikmat, lembut, manis dan dapat dikonsumsi langsung.

Sama halnya dengan alpukat jenis miki, buah alpukat kendil tidak disukai oleh ulat. Bagian daunnya sangat tidak disukai oleh ulat sehingga alpukat jenis ini akan aman dari serangan hama ulat.

Alpukat Aligator

Alpukat aligator memiliki bentuk buah yang tergolong unik. Bentuknya yang lonjong dengan bagian bawah membesar di bagian ujungnya mengecil tampak seperti buah pir. Hanya saja ukurannya agak sedikit lebih panjang dibandingkan dengan buah pir.

Baca juga:  Mengenali Manfaat Buah Naga dan Kandungan Nutrisi yang Baik untuk Ibu Hamil

Ukuran panjang buah alpukat ini sekitar 70-80 cm dengan berat sekitar 1-1.3 kg per buah. Karakteristik buah alpukat ini terletak pada dagingnya yang tebal, teksturnya yang lembut dan tanpa serat. Sedangkan dari segi rasa, alpukat ini terbilang manis, tidak pahit, dan pulen sangat khas untuk dinikmati.

Alpukat Tanpa Biji

Alpukat tanpa biji ini memiliki keunikan pada daging buahnya yang tidak memiliki biji sama sekali. Hampir semua bagian daging buahnya bertekstur tebal sehingga sangat nikmat untuk dikonsumsi. Perpaduan antara daging buah yang tebal dan rasanya yang nikmat akan membuat orang senang memakannya.

Alpukat Hass

Alpukat hass memiliki karakteristik unik di bagian bentuknya. Buah alpukat ini memiliki warna cokelat kehitaman ketika sudah matang. Sementara itu, tekstur kulitnya cenderung kasar dan bergerigil. Pada daging buahnya tampak berwarna kuning cerah dengan garis hijau menempel pada kulitnya.

Keunggulan rasa pada jenis buah alpukat ini adalah rasanya yang nikmat dan sangat pulen. Tak heran jika buah ini termasuk yang paling enak di antara jenis alpukat lainnya. Kualitas internasional yang disandangnya membuat harganya cukup melambung tinggi di pasaran.

 

Mengulas Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Setelah mengulas berbagai jenis alpukat unggulan dengan citarasa yang nikmat, kini akan diulas mengenai manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh antara lain sebagai berikut.

Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Kandungan senyawa beta-sitosterol pada buah alpukat ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Penderita hiperkolesterolemia ringan dapat mengonsumsi buah alpukat sebagai diet kolesterol dalam darah.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan  vitamin B6 dan asam folat pada alpukat dapat mengatur kadar homocysteine. Tingkat homocysteine yang tinggi dapat meningkatkan risiko terserang penyakit jantung. Oleh karena itu, mengonsumsi alpukat dapat meminimalisir terserang penyakit jantung.

Baca juga:  Ragam Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Mengendalikan Tekanan Darah

Kandungan kalium pada alpukat dapat membantu mengontrol tekanan darah sehingga alpukat sangat baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Alpukat ternyata sangat baik dikonsumsi pada orang lanjut usia karena dapat meningkatkan kesehatan mata yang semakin menurun seiring bertambahnya usia seseorang.

Mengatur Kadar Gula

Kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat dapat membantu mengatur kadar gula dalam darah. Hal ini dapat berguna untuk menstabilkan kadar gula yang tinggi dalam darah.

Mencegah Cacat Lahir

Bagi ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi buah alpukat secara rutin karena akan berguna untuk meminimalisir terjadinya cacat lahir pada janin yang ada di dalam kandungan.

Mengurangi Risiko Stroke

Kandungan asam folat yang tinggi pada buah alpukat membuat buah ini dapat meminimalisir terjadinya stroke pada tubuh.

Menangkal Radikal Bebas

Buah alpukat dapat mencegah terpaparnya tubuh akan radikal bebas sehingga dapat menyelamatkan tubuh dari bahaya radikal bebas yang sudah semakin parah.

Anti-Penuaan

Buah alpukat nyatanya mampu mengatasi penuaan pada manusia. Peningkatan sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh konsumsi buah alpukat secara rutin nyatanya mampu menghambat penuaan dini.

Menyembuhkan Bau Mulut

Alpukat merupakan salah satu pencuci mulut terbaik yang dapat menyembuhkan bau mulut pada penderitanya. Selain itu, alpukat mampu membersihkan usus yang merupakan asal-muasal dari bau mulut.

Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Alpukat dapat menyerap nutrisi lebih baik dari jenis buah lainnya sehingga sangat disarankan untuk mengonsumsi buah alpukat secara rutin.

 

Itulah tadi berbagia jenis buah alpukat unggulan yang sangat nikmat jika dikonsumsi, apalagi di cuaca panas seperti sekarang ini. Selain itu manfaat yang banyak dari buah alpukat juga bisa menjadikan tubuh Anda semakin sehat dan terhindar dari segala macam penyakit. Oleh karena itu, jangan lupa untuk rutin mengonsumsi alpukat setiap hari.