Manfaat Buah

Tak Terduga! Inilah Manfaat Buah Mengkudu yang Jarang Diketahui

604
×

Tak Terduga! Inilah Manfaat Buah Mengkudu yang Jarang Diketahui

Sebarkan artikel ini

Tak Terduga! Inilah Manfaat Buah Mengkudu yang Jarang Diketahui

Buah mengkudu atau pace, begitu masyarakat di pulau Jawa menyebutnya. Di Aceh dikenal dengan sebutan keumeudee, di Sunda dikenal dengan cangkudu, sedangkan di Bali menyebutnya tibah. Buah ini berasal dari daerah Asia Tenggara, dan tanaman mengkudu biasanya tumbuh di dataran rendah sampai pada ketinggian 1500 m.

Mengkudu memiliki berbagai jenis kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh diantaranya vitamin, mineral, protein, scolopetin, zat terpenoid, zat anti kanker, zat moridon, zat asetil, dan zat terpenes.

Uniknya, masyarakat Betawi gemar mengonsumsi daun muda dari pohon mengkudu untuk campuran dalam nasi goreng betawi. Sedangkan masyarakat Aceh secara tradisional mengonsumsi buah ini sebagai rujak dan juga sayur, daunnya juga biasa digunakan dalam masakan nicah peugaga. Manfaat buah mengkudu tak hanya itu saja lho, yuk kita simak manfaat lainnya.

 

Buah Mengkudu untuk Mengobati Radang Sendi

Radang sendi atau biasa disebut arthritis biasanya menyebabkan rasa sakit yang teramat sangat pada bagian sendi. Bagi penderita penyakit ini, cobalah untuk mengonsumsi mengkudu karena memiliki sifat analgesik yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan juga kerusakan sendi.

Kamu bisa membungkus daun mengkudu segar dan tempelkan di daerah yang sakit. Cara ini terbilang cukup efektif untuk menghilangkan bengkak dan rasa sakit pada sendi. Jika kamu ingin memiliki pola hidup sehat, bisa dengan mengonsumsi jus mengkudu setiap harinya.

Baca juga:  Inilah Berbagai Manfaat Cuka Apel Bagi Kecantikan dan Kesehatan Manusia, Mulai dari Membersihkan Pori-Pori Hingga Menyehatkan Jantung

 

Buah Mengkudu untuk Mengobati Penyakit Kuning

Penyakit kuning adalah kondisi dimana kulit dan bagian putih pada mata berubah warna menjadi kuning yang disebabkan oleh tingginya kadar bilirubin. Bisa dikonsumsi dengan cara dihaluskan lalu diperas, setelah itu tambahkan madu kedalam perasan mengkudu tadi. Bisa diminum secara rutin sebanyak 3 kali dalam satu hari.

 

Buah Mengkudu untuk Menurunkan Kolesterol

Manfaat buah mengkudu salah satunya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Peningkatan kadar kolesterol adalah faktor utama terkena penyakit kardiovaskular. Dan ternyata merokok juga salah satu faktor yang dapat menyebabkan kadar kolesterol naik karena penumpukan stres oksidatif dalam tubuh.

Para peneliti melakukan penelitian kepada para perokok, bagaimana efek buah mengkudu terhadap mereka, dan mereka pun mengonsumsi jus mengkudu selama satu bulan.

Hasilnya diterbitkan dalam The Scientific World Journal, dinyatakan bahwa mengonsumsi 29 hingga 188 mililiter jus mengkudu dapat mengurangi total kolesterol secara signifikan dan meningkatkan kadar lipoprotein densitas tinggi atau bentuk kolesterol baik. Tak hanya itu, mengkudu juga bisa mengurangi low-density lipoprotein atau lipoprotein densitas rendah yang merupakan bentuk kolesterol buruk.

 

Buah Mengkudu untuk Mengobati Asam Urat

Asam urat juga tidak boleh disepelekan ya! Karena jika disepelekan bisa berdampak pada kesehatan tubuh. Buah mengkudu dapat menurunkan risiko terkena encok, sejenis arthritis yang disebabkan karena menumpuknya kristal asam urat di persendian.

Seorang dokter yaitu Dr. Anshul Bhatnagar menyatakan bahwa jus mengkudu terbukti dalam sebuah penelitian dapat mengurangi konsentrasi asam urat didalam darah, dan memberikan efek menurunnya risiko terkena asam urat. Zat isidoid yang terkandung dalam mengkudu lah yang berperan dalam mengobati asam urat.

Baca juga:  Mengintip Manfaat Buah Alpukat yang Terkandung di Dalamnya Dan Berbagai Jenis Alpukat Enak

 

Buah Mengkudu untuk Mencegah Infeksi Mulut

Buah mengkudu juga dapat bermanfaat untuk mengobati infeksi mulut seperti sakit tenggorokan, sakit gigi, hingga peradangan pada gusi. Buah ini memiliki sifat anti bakteri yang bisa menghilangkan infeksi dan juga bakteri dalam mulut. Buah mengkudu juga efektif untuk menghilangkan bau mulut, kamu cukup berkumur-kumur dengan jus buah mengkudu setiap hari.

 

Buah Mengkudu untuk Mengobati Penyakit Gondok

Gondok atau pembengkakan pada kelenjar tyroid memang sangat tidak nyaman dan membuat tidak percaya diri. Jika kamu atau kerabatmu ada yang menderita penyakit gondok, bisa coba mengonsumsi buah mengkudu dan mengalungkan buah ini pada leher. Tapi pilih buah mengkudu yang masih mengkal ya! Tak lupa untuk mengurangi konsumsi garam sehari-hari.

 

Buah Mengkudu untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah mengkudu juga bisa dirasakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh lho! Karena buah mengkudu mengandung vitamin C, E dan koenzim Q10 yang bermanfaat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam mengkudu juga bermanfaat untuk mengurangi kerusakan pada jaringan otot.

Buah ini juga mengandung scopoletin yang berperan seperti anti bakteri, anti jamur, anti inflamasi, dan anti histamin yang bisa membantu meningkatkan pertahanan tubuhmu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pelari yang mengonsumsi jus mengkudu 2 kali sehari mengalami peningkatan sebanyak 21% waktu rata-rata kelelahan, yang artinya terjadi peningkatan daya tahan tubuh.

 

Buah Mengkudu untuk Mengatasi Iritasi Kulit Kepala

Seorang dermatolog yang berasal dari Delhi, Dr. Reema Arora mengatakan bahwa meskipun tidak ada penelitian secara medis mengenai jus mengkudu, tapi jus mengkudu terbukti memiliki beberapa manfaat yang luar biasa karena mengandung sifat anti jamur dan anti bakteri yang dapat membantu mengatasi iritasi pada kulit kepala.

 

Buah Mengkudu untuk Pencegahan Penyakit Kanker

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, buah ini mengandung stimulan imun yang bisa melawan tumor. Bahkan mereka juga meneliti lebih lanjut mengenai manfaat buah mengkudu untuk mencegah dan juga mengobati kanker payudara. Mengkudu mengandung berbagai macam antioksidan sehingga dapat menghindari risiko terkena penyakit kanker.

Baca juga:  Mengenali Manfaat Buah Naga dan Kandungan Nutrisi yang Baik untuk Ibu Hamil

 

Buah Mengkudu untuk Mempercantik Kulit Wajah

Untuk mendapatkan wajah yang cantik dan sehat bisa kamu peroleh dengan buah yang satu ini lho! Buah mengkudu dipercaya dapat memutihkan, melembapkan, dan menjaga kesehatan kulit wajah. Kamu bisa membuat masker dengan cara mengoleskan jus mengkudu ke wajahmu.

Jus mengkudu mengandung anti oksidan, anti inflamasi, dan bersifat analgesik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit wajahmu. Asam lemak esensial dalam mengkudu juga dapat membantu meningkatkan fungsi membran sel kulit wajah.

 

Begini Cara Memilih Buah Mengkudu yang Bagus

Jika kamu ingin mencoba membuat jus mengkudu tapi bingung, buah mengkudu seperti apa ya yang bagus untuk dibuat jus? Kamu bisa memilih buah mengkudu yang masak tapi warnanya masih hijau tua. Karena mengkudu yang matang tapi masih berwarna hijau mengandung bioaktif tinggi dan baunya tidak begitu menyengat.

Tapi jika kamu bertujuan ingin mendapatkan sari mengkudu lebih banyak, kamu bisa memilih buah yang sudah matang dan berwarna kuning. Tapi selalu teliti, jangan pilih mengkudu yang lembek dan busuk ya!

 

Yuk Membuat Jus Mengkudu! Ini Bahan-Bahannya

Kamu bisa membuat jus mengkudu dengan tambahan apel atau anggur agar aroma tak sedap pada mengkudu dapat tersamarkan. Kamu bisa membuat jus dengan 2 buah mengkudu, satu buah apel atau beberapa butir anggur, dan kamu juga bisa menambahkan madu supaya rasanya manis alami.

Kamu juga bisa membuat jus mengkudu hanya dengan satu buah mengkudu, madu, dan juga air. Jika kamu pecinta rempah, jus mengkudu dengan rempah-rempah juga bisa lho kamu coba. Rempah yang kamu butuhkan antara lain kunyit putih, kayu manis, lengkuas, dan cengkeh.

 

Itu tadi manfaat buah mengkudu yang mungkin baru kamu ketahui setelah membaca artikel ini. Yuk coba konsumsi buah yang satu ini untuk pola hidupmu yang lebih sehat.