Manfaat Buah

Mengenali Manfaat Buah Naga dan Kandungan Nutrisi yang Baik untuk Ibu Hamil

1614
×

Mengenali Manfaat Buah Naga dan Kandungan Nutrisi yang Baik untuk Ibu Hamil

Sebarkan artikel ini

Mengenali Manfaat Buah Naga dan Kandungan Nutrisi yang Baik untuk Ibu Hamil

Manfaatnya.com – Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang menyehatkan. Banyak masyarakat yang rutin mengonsumsi buah naga mengingat kayanya manfaat buah naga yang baik untuk tubuh. Selain bermanfaat untuk masyarakat, ternyata buah naga merah sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil.

Diketahui, bahwa ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang lebih banyak daripada orang biasa. Asupan nutrisi dan gizi yang cukup akan memberi kesehatan bagi ibu dan janin yang ada di dalam kandungan. Lantas, apa saja kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah naga?

Mengulas Kandungan Nutrisi di dalam Buah Naga

Selain memiliki manfaat yang banyak, buah naga juga mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh, antara lain sebagai berikut.

  • Vitamin C

Ketika dalam kondisi hamil, seorang ibu harus benar-benar bisa menjaga kesehatan dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit dapat menyebabkan sejumlah masalah pada kandungan. Kandungan vitamin C pada buah naga, ternyata mampu meningkatkan imunitas (daya tahan tubuh).

Dalam buah naga, terkandung sebesar 4-25 mg vitamin C dalam setiap 100 gramnya. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah naga dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga ibu hamil tidak mudah terserang penyakit.

  • Zat Besi

Kekurangan darah atau anemia sering kali menghantui ibu hamil. Hal ini disebabkan, sel darah merah terbagi antara ibu dan janin yang ada di kandungan. Kurangnya sel darah merah pada tubuh ibu hamil dapat menyebabkan lemas, lesu, dan tidak bertenaga. Sementara itu, pada janin bisa mengalami kelainan darah dan menurunnya kecerdasan.

Baca juga:  Mengintip Manfaat Buah Alpukat yang Terkandung di Dalamnya Dan Berbagai Jenis Alpukat Enak

Zat besi sangat berperan sebagai pemasok nutrisi dan oksigen ke dalam tubuh janin agar pertumbuhan berjalan secara maksimal. Rutin mengonsumsi buah naga merah dapat meningkatkan zat besi dalam tubuh dan menghindarkan dari anemia. Setiap 100 gram buah naga mengandung 0,55 zat besi.

  • Karbohidrat

Ibu hamil, tentu membutuhkan energi yang lebih banyak dibandingkan sebelum mengandung. Apalagi, bagi ibu hamil yang tetap beraktivitas sepanjang hari tentu akan sangat membutuhkan energi ekstra untuk menjalankan aktivitasnya. Setidaknya, ibu hamil membutuhkan sekitar 135 gram karbohidrat setiap harinya.

Manfaat buah naga selanjutnya adalah dapat menambah karbohidrat dalam tubuh. Karena, setiap 100 gram buah naga merah mengandung sekitar 9-14 gram karbohidrat. Maka, dengan mengonsumsi buah naga secara rutin setiap harinya dapat mencukupi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh.

  • Asam Folat

Asam folat yang dibutuhkan ibu hamil untuk mencegah kelahiran prematur, membentuk saraf tulang belakang janin, dan mengurangi risiko cacat pada bayi terkandung di dalam buah naga merah. Setiap hari, ibu hamil membutuhkan sekitar 400 mikrogram asam folat.

Selain mengonsumsi sejumlah makanan lain yang juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah naga setiap hari, agar kebutuhan akan asam folat untuk ibu dan janin terpenuhi.

  • Serat

Siapa sangka jika buah merah yang satu ini justru memiliki kandungan serat yang cukup banyak. Keluhan seperti buang air besar dan sembelit pada ibu hamil dapat teratasi dengan mengonsumsi buah naga secara rutin. Kebutuhan serat pada ibu hamil setiap harinya adalah sekitar 28 gram.

Kandungan serat yang cukup pada buah naga juga bisa menjadikan buah naga camilan setiap saat di kala ibu hamil merasa lapar. Selain bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, ibu hamil juga tidak perlu khawatir kelaparan.

  • Vitamin B1

Vitamin B1 dapat membantu dalam penyerapan protein dan mengubah karbohidrat menjadi energi, untuk menghindarkan ibu hamil dari kelelahan. Selain itu, kandungan vitamin B1 pada buah naga dapat mencegah dari penyakit beri-beri selama masa kehamilan berlangsung.

  • Antioksidan

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah naga sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Warna merah pada buah naga rupanya merupakan kandungan fitokimia, yaitu antioksidan yang baik untuk membangun pertahanan tubuh dan menghindarkan dari bahaya radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya bagi ibu dan janin.

Baca juga:  Inilah Berbagai Manfaat Cuka Apel Bagi Kecantikan dan Kesehatan Manusia, Mulai dari Membersihkan Pori-Pori Hingga Menyehatkan Jantung

Mengulas Manfaat Buah Naga bagi Tubuh

Selain terdapat banyak kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah naga merah, terdapat sejumlah manfaat buah naga yang baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

  1. Menjaga kesehatan dan stamina

Kandungan antiokisdan dan vitamin pada buah naga dapat meningkatkan kesehatan dan stamina dalam tubuh.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan vitamin B3 pada buah naga berguna untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Para penderita kolesterol, sebaiknya rutin mengonsumsi buah ini setiap hari.

  1. Meredakan batuk

Kandungan vitamin B3 pada buah naga juga berguna untuk meredakan batuk pada penderitanya.

  1. Penyembuhan penyakit kanker

Buah naga sangat membantu dalam penyembuhan penyakit kanker pada penderitanya. Kandungan vitamin kompleks di dalamnya dapat bermanfaat bagi proses terapi dan penyembuhan penyakit kanker.

  1. Meredakan asma

Kandungan vitamin B3 pada buah naga merupakan obat yang ampuh untuk meredakan penyakit asma.

  1. Menstabilkan tekanan darah

Penderita tekanan darah tinggi sangat baik untuk mengonsumsi buah naga setiap hari untuk menurunkan tekanan darahnya.

  1. Mencegah osteoporosis

Dalam mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis, maka dianjurkan untuk mengonsumsi buah naga sepanjang hari.

  1. Membantu penyembuhan diabetes

Rasa manis pada buah naga ternyata aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Justru, buah naga ini dapat membantu proses penyembuhan pada penyakit diabetes.

  1. Memperindah penampilan bentuk fisik

Kandungan vitamin C pada buah naga nyatanya dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Buah naga merah juga kerap digunakan sebagai bahan dasar perawatan tubuh, seperti lulur.

  1. Membantu menjaga kesehatan mata

Kandungan beta-karoten pada buah naga mampu menjaga kesehatan mata sehingga tetap terjaga.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang berada dalam tahap penurunan berat badan, maka akan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini setiap harinya. Buah naga yang kaya serat dan rendah kalori ini bisa menurunkan berat badan Anda secara berkala.

  1. Melancarkan pencernaan
Baca juga:  Inilah 10 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan dan Juga Kecantikan

Bagi Anda yang sedang terganggu dengan masalah pencernaan, maka disarankan untuk mengonsumsi buah naga secara rutin. Kandungan serat dan air pada buah naga akan membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh Anda.

Itulah tadi sejumlah manfaat buah naga yang sangat penting bagi ibu hamil maupun masyarakat pada umumnya. Mengonsumsi buah naga secara rutin, nyatanya membawa pengaruh positif bagi tubuh. Tidak hanya itu, buah naga merah juga nyatanya sangat berguna bagi janin yang sedang berkembang di dalam kandungan.

Siapa sangka jika buah berwarna merah yang satu ini ternyata memiliki kandungan nutrisi dan juga kaya akan manfaat. Maka, mulai saat ini dianjurkan untuk menjadikan buah naga merah sebagai buah konsumsi yang rutin harus Anda konsumsi setiap harinya. Selain demi menjaga kesehatan, buah ini juga dapat mencegah berbagai penyakit.