Manfaat Minuman

Tidak Hanya Nikmat Diseduh, Inilah Manfaat Masker Kopi yang Tak Kalah Nikmat

1094
×

Tidak Hanya Nikmat Diseduh, Inilah Manfaat Masker Kopi yang Tak Kalah Nikmat

Sebarkan artikel ini

Tidak Hanya Nikmat Diseduh, Inilah Manfaat Masker Kopi yang Tak Kalah Nikmat

Manfaatnya.com – Sebagian besar orang ketika mendengar kata kopi pasti akan terbayang sebuah kafe dengan para pengunjung yang sedang asyik berdiskusi atau seorang barista yang sedang meracik berbagai sajian latte. Namun, tahukah Anda bahwa kopi juga dapat dijadikan masker untuk kesehatan wajah? Itulah salah satu manfaat masker kopi. Lalu, kira-kira apa saja manfaatnya?

Manfaat Masker Kopi untuk Kesehatan Kulit

  1. Melawan tanda-tanda penuaan

Bagi para wanita, munculnya tanda-tanda penuaan di wajah kerap membuat panik. Keriput dan garis-garis wajah yang terlihat akan memengaruhi penampilan dan terkadang dapat menurunkan rasa percaya diri. Oleh karena itulah, tak sedikit yang menggunakan masker kopi untuk mengatasi masalah tersebut. Masker kopi bermanfaat untuk melawan tanda-tanda penuaan seperti munculnya garis wajah.

Fungsi melawan tanda penuaan ini dikarenakan kandungan antioksidan yang terkandung di dalam kopi, yakni polifenol. Polifenol dapat menangkal radikal bebas dan mencegah DNA mengalami kerusakan karena sinar UV. Inilah yang membuat masker kopi dapat mencegah tanda-tanda penuaan. Gunakan masker kopi secara teratur agar manfaatnya dapat terasa.

  1. Mengobati jerawat dan bekas jerawat

Selain dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, masker kopi juga bisa mengobati dan mengurangi jerawat. Jerawat memang menjadi musuh utama wajah karena dapat mengurangi rasa percaya diri. Kopi memiliki zat dengan karakter antiflamasi dan antibakteri. Kedua zat tersebut berfungsi untuk melawan bakteri-bakteri yang menyebabkan wajah berjerawat.

  1. Menyamarkan mata panda atau lingkaran hitam

Mata panda atau lingkaran hitam di daerah mata juga tak kalah menjengkelkan karena dapat mengganggu penampilan. Biasanya, mata panda muncul karena orang tersebut kelelahan dan kurang tidur. Dengan adanya kandung kafein di dalam masker kopi, ini dapat membuat pembuluh darah Anda menjadi lebih lebar dan akibatnya mata panda akan berkurang dan tersamarkan.

Baca juga:  Ternyata Ini Nih Manfaat Air Kelapa Buat Kesehatan Badan Kamu

Selain menyamarkan mata panda, ternyata manfaat masker kopi juga dapat mengobati mata bengkak dan munculnya kantong mata. Untuk menggunakannya, cukup balurkan masker kopi di daerah sekitar mata. Terapkan kurang lebih 30 menit. Ulangi secara rutin setiap hari hingga bengkak berkurang atau kantong mata menghilang.

  1. Membersihkan dan menghaluskan wajah

Masker kopi juga berfungsi untuk membersihkan sekaligus menghaluskan wajah. Jika wajah Anda terasa agak kusam dan kotor, maka memakai masker kopi bisa menjadi salah satu solusi atas permasalahan tersebut. Hal ini dikarenakan masker kopi dapat mengangkat sel-sel kulit mati sehingga wajah akan nampak menjadi lebih bersih, bersinar, dan halus.

  1. Menjaga kesehatan kulit wajah

Jika Anda sangat menyayangi wajah Anda dan berniat untuk menjaga kesehatan wajah, maka pakailah masker kopi. Memakai masker kopi secara rutin dapat membuat wajah menjadi sehat dan cerah. Anda bisa mencoba untuk membuat masker kopi dicampur dengan yogurt tawar dan pakai selama 30 menit. Ulangi cara ini 3 kali seminggu.

  1. Mengurangi peradangan kulit wajah

Salah satu hal yang tidak diinginkan oleh semua orang adalah peradangan di wajah. Selain mengganggu penampilan, masalah ini juga kerap memberikan rasa sakit dan tidak nyaman. Untuk mengurangi atau mencegah peradangan, Anda dapat menggunakan masker kopi. Hal ini dikarenakan kandungan polifenol serta asam hidrokinamik dalam kopi yang membantu mengurangi peradangan.

  1. Mengatasi wajah terbakar

Masalah yang sering dihadapi oleh orang yang sering beraktivitas di luar ruangan adalah kulit wajah terbakar akibat paparan sinar matahari. Hal ini dapat membuat wajah menjadi kusam dan meninggalkan rasa sakit. Jika Anda adalah orang tersebut, maka cobalah untuk memakai masker kopi karena memiliki antioksidan yang dapat menciptakan rasa sejuk di kulit wajah.

  1. Mencegah kanker kulit

Puncak dari segala penyakit kulit adalah kanker kulit. Penyakit ini sangat berbahaya jika tidak segera ditanggulangi. Namun, melakukan pencegahan tentu akan lebih baik lagi. Salah satu cara untuk mencegah kanker kulit di wajah adalah dengan masker kopi. Kandungan vitamin B3 dalam kopi dapat mencegah terjadinya kanker kulit.

  1. Sebagai antioksidasi

Fakta membuktikan bahwa kandungan antioksidan dalam kopi tidak kalah tingginya dengan yang terdapat di dalam buah-buahan maupun sayur-sayuran. Menggunakan masker kopi dapat memberi lapisan tambahan yang bisa melindungi kulit dari radiasi. Inilah yang membuat masker kopi tak kalah ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

  1. Membuat kulit menjadi kencang

Bagi para pemburu kecantikan, kekencangan kulit tentu merupakan hal yang sangat diperhatikan. Kulit yang kencang akan membuat seseorang menjadi terlihat cantik dan sehat. Untuk mendapatkan efek tersebut, Anda bisa menggunakan masker kulit karena kafein yang terdapat di dalam kopi dapat menghambat garis wajah, bengkak, dan mengencangkan kulit.

Baca juga:  Manfaat Susu Kedelai untuk Anak-Anak, Dewasa, Hingga Kecantikan

Cara Membuat Masker Kopi untuk Jerawat

Berikut ini adalah cara membuat masker kopi untuk keperluan menghilangkan jerawat. Usahakan jangan sekali-kali memencet jerawat karena selain dapat menimbulkan rasa sakit, jerawat yang dipencet juga dapat memicu jerawat lain bermunculan.

  1. Sangrai beberapa butir kopi
  2. Tumbuk kopi yang sudah disangrai hingga berbentuk seperti tepung
  3. Tambahkan sedikit air
  4. Atur kadar air agar tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair
  5. Oleskan ke seluruh wajah hingga merata
  6. Biarkan mengering selama 30 menit
  7. Cuci wajah menggunakan air bersih
  8. Ulangi 2 kali seminggu

 

Cara Membuat Masker Kopi untuk Memutihkan Wajah

Cara ini dapat juga menggunakan coklat atau molase. Namun, sebelum mencobanya, pastikan kulit Anda tidak alergi dengan bahan-bahan yang digunakan.

  1. Jadikan kopi menjadi bentuk pasta
  2. Campurkan dengan susu dengan perbandingan susu:kopi 1:3
  3. Gunakan seperti sabun muka dan lakukan pijatan dengan halus
  4. Biarkan mengering
  5. Setelah kering, bilas menggunakan air dingin
  6. Ulangi 3 kali dalam seminggu.

 

Bahan-Bahan yang Dapat Dijadikan Campuran Masker Kopi

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat menjadi salah satu alternatif untuk campuran masker kopi. Setelah kopi dicampurkan dengan minyak zaitun, balurkan di wajah dan pijat secara lembut. Diamkan selama 25 menit kemudian bilas dengan air. Jika digunakan secara rutin minimal 3 kali seminggu, campuran ini dapat mengurangi noda di wajah dan menyehatkan kulit.

  1. Susu

Susu juga dapat digunakan sebagai campuran dalam masker kopi karena manfaatnya yang baik bagi kulit. Tak heran jika terdapat istilah mandi susu untuk mendapat kulit yang bagus. Untuk membuatnya, campurkan 3 sendok bubuk kopi dan satu gelas susu murni. Usahakan campuran berbentuk kental. Oleskan di wajah secara merata dan biarkan selama 20 menit.

  1. Lemon

Anda juga bisa membuat campuran masker kopi dengan lemon. Lemon sangat cocok untuk masalah wajah berminyak. Untuk membuat ramuan ini, campurkan 1 sendok perasan lemon, 1 sendok madu, dan 2 sendok kopi bubuk. Oleskan campuran ini ke wajah dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Ulangi seminggu tiga kali.

Baca juga:  Ragam Manfaat Minum Air Hangat Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Itulah beberapa hal mengenai manfaat masker kopi serta bagaimana cara membuatnya. Dengan pengetahuan ini, mungkin suatu saat Anda berminat untuk mencoba masker kopi untuk kesehatan wajah. Jangan khawatir, jika digunakan dengan dosis yang tepat, Anda akan merasakan manfaat masker kopi dengan maksimal.