Manfaat Minuman

Manfaat Susu Kedelai untuk Anak-Anak, Dewasa, Hingga Kecantikan

1370
×

Manfaat Susu Kedelai untuk Anak-Anak, Dewasa, Hingga Kecantikan

Sebarkan artikel ini

Manfaat Susu Kedelai untuk Anak-Anak, Dewasa, Hingga Kecantikan

Manfaatnya.comSusu kedelai kini semakin populer di kalangan masyarakat. Bukan karena harganya yang murah meriah, tetapi manfaatnya juga berlimpah. Susu jenis ini bahkan biasanya digunakan sebagai pengganti susu hewani yang berasal dari sapi, kambing, domba, kuda, atau bahkan unta. Bagi yang vegetarian pun, susu kedelai sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka. Manfaat susu kedelai memang beragam, baik untuk anak-anak hingga dewasa. Supaya lebih tahu, mari kita daftar manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan dari susu kedelai ini.

Manfaat Susu Kedelai untuk Anak-Anak

  1. Susu Kedelai untuk Mengatasi Intoleransi Laktosa Anak

Anak dengan alergi terhadap susu sapi sering kita dengar beritanya, karena hal ini memang sudah banyak terjadi. Sebagian anak tidak bisa menoleransi laktosa pada susu sapi sehingga menimbulkan gejala alergi pada tubuhnya. Gejala yang timbul pun beragam, mulai dari ruam, batuk-batuk, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi masalah alergi tersebut, konsumsi susu kedelai sekitar 1 sampai 2 gelas per hari cukup untuk memenuhi gizi anak. Hanya saja, jangan memberikan susu kedelai pada balita di bawah satu tahun, karena tubuh yang masih rentan sehingga lebih baik hanya diberi ASI.

  1. Susu Kedelai dapat Mengurangi Lemak Jahat dalam Tubuh

Sebagai susu yang berasal dari bahan nabati, susu kedelai tidak mengandung lemak jahat yang tinggi. Hal ini tentu berbeda sekali dengan susu sapi yang mengandung lebih banyak lemak jenuh. Dengan mengonsumsi susu kedelai, kemungkinan anak terkena kolesterol pun berkurang, karena kadar LDL berkurang dan HDL dalam darah pun perlahan naik.

  1. Susu Kedelai Baik untuk Pencernaan Anak

Sebagai sumber gizi nabati, susu kedelai banyak sekali mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Saluran pencernaan yang sehat membuat tubuh anak juga lebih sehat karena dapat menyerap gizi makanan dengan baik. Selain serat, kandungan seperti protein, lemak baik, serta karbohidrat pun cukup tinggi. Hal ini sangat membantu pemenuhan gizi anak. Bahkan, kandungan isoflavone sangat baik untuk peningkatan absorpsi usus, dengan begitu pencernaan menjadi lancar dan mencegah konstipasi.

  1. Susu Kedelai Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Disebabkan oleh manfaat dari susu kedelai yang sangat tinggi, susu formula kedelai yang mengandung asam amino lengkap, sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anak. Seperti yang kita tahu, asam amino berperan penting untuk perkembangan seluruh organ tubuh. Mulai dari tulang, otot, organ dalam maupun luar, semuanya membutuhkan asam amino. Inilah mengapa, sumber makanan dengan kandungan asam amino yang besar selalu direkomendasikan untuk konsumsi anak.

  1. Susu Kedelai untuk Mengurangi Kemungkinan Diare

Seperti yang sudah diulas sebelumnya bahwa susu kedelai bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, hal tersebut termasuk untuk mengurangi kemungkinan diare pada anak. Diare pada anak sendiri penyebabnya bermacam-macam, ada yang karena alergi, atau kesalahan makanan. Alergi yang disebabkan oleh intoleransi pada laktosa susu sapi tentu tidak akan terjadi apabila mengonsumsi susu kedelai. Sedangkan serat pada susu kedelai sangat baik untuk menyehatkan pencernaan sehingga mengurangi risiko penyakit seperti diare, konstipasi, dan lain sebagainya.

Baca juga:  Ragam Manfaat Minum Air Hangat Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

 

Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Secara Umum

  1. Susu Kedelai untuk Kesehatan Jantung

Kandungan protein pada susu kedelai yang tinggi adalah sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Terlebih, asam amino serta isoflavone pada susu dapat menjadi penurun kolesterol dalam darah. Hal ini juga berguna sebagai penurun tekanan darah, sehingga cocok untuk diminum oleh penderita hipertensi. Tekanan darah dan kolesterol yang terjaga juga berpengaruh pada kesehatan jantung, sehingga dengan mengonsumsi susu kedelai dapat menjadi upaya dasar menjaga kondisi jantungmu.

  1. Susu Kedelai untuk Mengurangi Gejala Akibat Post-Menopause

Manfaat susu kedelai yang lain adalah sebagai upaya untuk mengurangi gejala post menopause. Seperti yang kita tahu bahwa wanita pada usia tertentu akan mengalami menopause yang menyebabkan perubahan hormone dan berakibat pada kondisi tubuh sehingga mengalami penuaan serta berkurangnya kadar estrogen.

Susu kedelai mengandung sejumlah isoflavone yaitu suatu komponen dengan kandungan antioksidan dan estrogenik yang baik untuk daya tahan tubuh para wanita ketika sedang dalam masa post-menopause.

  1. Susu Kedelai sebagai Pencegah Osteoporosis pada Orang Dewasa

Semakin tua, tulang pada tubuh kita menjadi rentan terkena pengeroposan, terutama bagi wanita yang sudah mengalami masa post menopause. Untuk mengurangi risiko pengeroposan atau osteoporosis ini, mengonsumsi susu kedelai akan sangat membantu. Kalsium dalam susu kedelai yang tinggi dapat menguatkan tulang sehingga kita tidak mudah terkena osteoporosis.

  1. Susu Kedelai Mengandung Banyak Anti-Oksidan

Seperti yang sudah disebutkan bahwa susu kedelai mengandung isoflavone, di mana merupakan komponen dengan kandungan antioksidan. Sudah menjadi rahasia umum juga bahwa makanan dengan atioksidan sangat baik untuk melawan berbagai penyakit atau pun penuaan. Misalnya, antioksidan dapat menurunkan kondisi stress oksidatif, yang mana stress oksidatif ini dapat membuat kerusakan sel-sel pada tubuh sehingga menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker dan lain-lain.

  1. Susu Kedelai Memiliki Kandungan Anti-Karsinogenik

Hal-hal yang bersifat karsinogenik atau beracun, tentu sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi. Namun, susu kedelai memiliki kandungan anti-karsinogenik yang mana dapat menangkal racun yang masuk. Terutama racun yang menyebabkan kanker. Inilah mengapa, susu kedelai sangat baik untuk menurunkan risiko terkena kanker prostat pada pria, maupun kanker payudara yang berhubungan dengan kondisi estrogen pada wanita.

Baca juga:  Berbagai Manfaat Es Batu Untuk Wajah Cantik dan Sehat

 

Susu Kedelai untuk Treatment Kecantikan

  1. Susu Kedelai untuk Mengatasi Masalah Rambut

Bagi yang memiliki masalah dengan rambut, kamu juga bisa mengaplikasikan susu kedelai sebagai upaya memulihkan kesehatan rambut. Susu kedelai dapat digunakan sebagai treatment untuk membuat rambut kusam menjadi berkilau, mencegah kerontokan rambut secara berlebihan, serta mengatasi masalah rambut bercabang. Konsumsi susu kedelai juga dapat menyuburkan pertumbuhan rambut di kulit kepala.

  1. Susu Kedelai untuk Kecantikan Kulit

Manfaat susu kedelai yang pasti akan disukai wanita adalah kegunaannya untuk melembapkan kulit. Selain melembapkan juga dapat mengencangkan kulit, mencegah keriput pada wajah, serta memperbaiki kerusakan kulit karena paparan sinar matahari berlebih. Kandungan antioksidan pada susu kedelai sangat baik untuk treatment kulit.

Dari berbagai manfaat susu kedelai yang sudah disebutkan, kamu tetap perlu membatasi pemakaiannya. Terutama untuk laki-laki, sebab konsumsi susu kedelai setiap hari sangat berpengaruh pada hormon testosterone. Begitu pula pada wanita, berlebihan mengonsumsi susu kedelai akan berakibat pada kanker payudara bahkan kista rahim karena gangguan tiroid pada tubuh. Kandungan asam phytic pada susu kedelai juga dapat menghalangi penyerepan mineral penting, sehingga tubuh menjadi kekurangan mineral seperti zat besi, kalsium, dan lain-lain yang kurang baik untuk perkembangan fungsi otak.

Intinya adalah mengonsumsi susu kedelai sebaiknya secukupnya dan tidak berlebihan. Konsumsi yang benar akan membuat kamu mendapatkan banyak manfaat atau pun khasiat. Namun, ketika kamu mengonsumsi secara berlebihan, manfaat tersebut akan beralih menjadi risiko-risiko penyakit yang akan merugikan diri kamu sendiri. Supaya tahu seberapa besar konsumsi susu kedelai tiap harinya, ada baiknya mengonsultasikan dengan ahli gizi.