Manfaat Rempah

Wow! Inilah Segudang Manfaat Bawang Merah yang Jarang Diketahui

971
×

Wow! Inilah Segudang Manfaat Bawang Merah yang Jarang Diketahui

Sebarkan artikel ini

Wow! Inilah Segudang Manfaat Bawang Merah yang Jarang Diketahui

Manfaatnya.com – Siapa yang tak kenal bawang merah? Bumbu masak yang satu ini wajib kehadirannya di dapur kamu, karena kurang rasanya jika memasak tanpa menggunakan si bawang merah. Tapi sudah tau belum, manfaat bawang merah selain untuk bumbu dalam masakanmu, ternyata bermanfaat juga untuk kesehatan tubuh lho!

Bawang merah adalah salah satu dari bumbu masak yang dipakai di seluruh dunia dan ternyata berasal dari Pakistan, Iran, dan pegunungan di sekitar utaranya, kemudian menyebar di seluruh penjuru dunia. Kandungan yang terdapat di dalam bawang merah adalah serat, vitamin C, kalium, asam folat, zat besi, dan kalsium.

Daftar Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Selain dibuat bawang goreng untuk penyedap masakan, mari kita simak manfaat lain dari si bawang merah ini.

Bawang Merah untuk Mengatasi Sembelit

Manfaat bawang merah yang pertama adalah untuk mengatasi sembelit. Pasti tidak nyaman dong ya, kalau pencernaan kita bermasalah, apalagi sembelit! Coba deh kamu mengonsumsi bawang merah. Karena bawang merah mengandung serat buat pertumbuhan bakteri baik dalam usus, dan dapat menghilangkan sebuah racun yang berada didalam usus.

Bawang Merah untuk Menurunkan Kolesterol

Kandungan yang terdapat dalam bawang merah yaitu asam amino dan methylallyl sulfida yang bermanfaat untuk mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Bahkan sebuah jurnal dalam Phytotherapy Research menyatakan bahwa memang bawang merah bermanfaat untuk menurunkan tingkat kolesterol dalam darah, caranya cukup dengan rutin makan bawang merah mentah.

Baca juga:  Inilah Serangkaian Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan Manusia, Mulai dari Menyehatkan Tubuh Hingga Mempercantik Wajah

Selain itu, para ahli menilai kandungan zat bioaktif serta antioksidan yang terkandung dalam bawang merah dapat menurunkan kadar kolesterol dan juga menurunkan jumlah lemak total di dalam tubuh secara langsung. Tak heran ya jika banyak pedagang sate khususnya sate kambing, sering menambahkan irisan bawang merah sebagai pendamping sate.

Bawang Merah untuk Kesehatan Jantung

Jika kamu suka mengonsumsi bawang merah mentah, kamu bisa merasakan manfaatnya untuk kesehatan jantungmu. Nah, kalau kamu rutin mengonsumsi si bawang ini, maka dapat mencegah risiko terkena penyakit jantung koroner. Karena bawang merah bermanfaat untuk membuka arteri yang tertutup dan mengontrol tekanan darah tinggi.

Bawang merah mengandung flavonoid yang berguna untuk membantu kerja dari jantung, selain itu quercetin yang terkandung dalam bawang merah berperan untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi.

Bawang Merah untuk Membantu Mengontrol Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang banyak diderita warga Indonesia, untuk itu kamu harus selalu waspada dan ada baiknya mencegah sedari dini. Karena bawang merah mengandung flavonoid yang dapat membantu mengobati berbagai penyakit, termasuk diabetes.

Bawang merah mengandung quercentin dan senyawa belerang yang dapat menurunkan kadar gula darah. Bahkan para ahli mengatakan bahwa bawang merah dapat meningkatkan produksi insulin dan membantu proses glikolisis yang menyebabkan penurunan kadar gula darah para penderita diabetes.

Bawang Merah untuk Membantu Mencegah Kanker

Manfaat bawang merah yang lainnya adalah membantu mencegah kanker. University of Maryland Medical Center menyebutkan bahwa bawang merah mengandung quercetin yang termasuk antioksidan yang memiliki peran penting dalam melawan efek radikal bebas berbahaya dalam tubuh kita, karena salah satu dampak dari penumpukan radikal bebas adalah penyakit kanker.

Baca juga:  Inilah Berbagai Manfaat Bawang Putih Untuk Manusia yang Jarang Diketahui, Mulai dari Mengatasi Masuk Angin Hingga Mencegah Kanker

Bawang Merah untuk Menjaga Kekebalan pada Tubuh

Bawang merah juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh lho! Karena kandungan vitamin C dalam bawang merah yang dapat meningkatkan dan merangsang fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, polifenol mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, sehingga dapat membantu mendorong tubuh untuk membuat sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Bawang Merah untuk Kesehatan Tulang

Rutin mengonsumsi bawang merah dapat mengurangi risiko terjadinya patah tulang pinggul sebesar 20% bagi wanita berusia lanjut. Mengonsumsi bawang merah satu kali sehari, bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulangmu 5% lebih besar daripada mereka yang tidak mengonsumsi. Tak hanya itu, bawang merah juga membantu mencegah osteoporosis dan mampu meningkatkan kesehatan gigi.

Bawang Merah untuk Melegakan Tenggorokan

Bawang merah mengandung quercetin yang dapat menghilangkan masalah tenggorokan, termasuk radang tenggorokan. Mengonsumsi bawang merah juga bagus jika tenggorokanmu sedang sakit, berguna banget untuk melegakan tenggorokan. Caranya kamu bisa membuat jus bawang merah, tapi jika tidak terlalu suka rasa dan aromanya, boleh kok menambahkan gula jawa atau madu sebagai perasa.

 

Inilah Rahasia Supaya Mata Tidak Pedas Saat Memotong Bawang Merah

Apa kamu salah satunya yang suka kesal saat memotong bawang merah karena akan membuat mata pedas? Tenang aja, simak tips dibawah ini supaya kamu tidak mewek lagi saat memotong bawang merah.

Dinginkan Bawang Merah Terlebih Dahulu

Kamu bisa mendinginkan bawang merah sebelum mengupas dan memotongnya. Bisa kamu rendam dalam air es  atau masukkan bawang merah ke dalam lemari pendingin selama beberapa saat. Proses ini akan memperlambat reaksi kimia yang dihasilkan saat kamu memotong bawang merah.

Baca juga:  Ragam Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Mengunyah Permen Karet

Mengapa mengunyah permen karet bisa berpengaruh, karena saat kamu mengunyah permen karet otot wajah khususnya mata akan bergerak dengan maksimal dan dapat menangkis zat yang akan membuat mata menjadi pedih. Jadi saat gerakan mengunyah terjadi, membuat kamu menghirup uap bawang lebih cepat sebelum si uap bawang sampai ke mata kamu.

Menggunakan Pisau yang Tajam

Jangan gunakan pisau yang tumpul, karena gesekan yang dihasilkan antara pisau dan bawang merah akan semakin besar, dan mengeluarkan zat yang dapat membuat mata pedih. Nah sebaliknya, jika kamu menggunakan pisau tajam akan mengurangi kerusakan pada dinding sel bawang merah, sehingga mengurangi penguapan dari zat yang membuat mata pedih tadi.

 

Inilah Cara Mudah Memilih dan Menyimpan Bawang Merah yang Benar

Jika kamu ingin membeli bawang merah di pasar atau supermarket, pilihlah bawang merah yang memiliki tekstur padat, terlihat segar, kering tidak lembek, mengkilat, tidak ada bagian yang busuk dan juga pilih yang tidak bertunas. Nah, jika kamu membeli dalam bentuk ikatan, pilihlah yang tangkai daunnya sudah benar-benar kering sempurna ya.

Tapi perlu diingat juga, kamu membeli bawang merah untuk kebutuhan apa nih? Jika akan kamu gunakan untuk membuat bawang goreng, maka pilih bawang merah yang berukuran besar dan bonggolnya bulat. Tapi jika kamu gunakan untuk menumis atau memasak, lebih baik pilih bawang merah berukuran kecil dan bagian ujung bonggol tajam.

Bawang merah yang sudah kamu beli sebaiknya segera kamu keluarkan dari plastik pembungkusnya, lalu letakkan pada ruang terbuka dengan kelembaban udara yang rendah. Kamu bisa tempatkan pada wadah seperti piring, keranjang bambu atau rotan. Jika kamu beli dalam bentuk ikatan, kamu bisa menyimpan bawang merah dengan cara digantung.

Hindari terkena sinar matahari secara langsung ya, dan jangan kamu simpan bawang merah di lemari pendingin, selain karena bisa tumbuh jamur dan tunas, aroma bawang merah sangat menyengat sehingga bisa merasuk ke dalam mentega, susu, bahkan telur.

 

Nah, itu tadi manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh yang mungkin saja baru kamu tahu setelah membaca artikel ini. Ternyata selain buat bumbu masakan, bisa dimanfaatkan sebagai obat ya. Untuk kamu yang sedang sakit, bisa dicoba nih, semoga lekas sembuh ya!