Manfaat Rempah

Ketahui Berbagai Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Kecantikan

1331
×

Ketahui Berbagai Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sebarkan artikel ini

Ketahui Berbagai Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaatnya.com – Kayu manis selama ini sering dikenal sebagai bumbu dapur karena memiliki cita rasa yang khas. Selain bumbu dapur, kayu manis juga sering dipakai untuk tambahan minuman hangat seperti mencampurkannya dengan teh atau bahkan susu. Namun, kayu manis ternyata memiliki fungsi bukan hanya sebagai penambah rasa, melainkan juga memiliki efek untuk kesehatan tubuh kita. Pada beberapa treatment, kayu manis bahkan digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan. Untuk mengetahui manfaat kayu manis lebih jauh, berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan Tubuh

  1. Kayu Manis sebagai Penurun Kolesterol

Kandungan yang kaya pada kayu manis, seperti kalsium, serat maupun mineral, sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan pencernaan serta usus. Hal tersebut yang akan melindungi Anda dari penyakit jantung serta kolesterol berlebihan di tubuh. Adanya kalsium maupun serat yang ada dalam kayu manis mampu mengurangi kadar garam di dalam tubuh hingga mencegah timbulnya kanker usus. Serat yang terdapat dalam kayu manis juga dapat Anda jadikan solusi untuk mengatasi konstipasi.

  1. Kayu Manis Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Salah satu manfaat kayu manis yang sangat membantu bagi kesehatan adalah kemampuannya untuk mengurangi proliferasi sel kanker, hal ini bahkan sudah dibuktikan di University of Texas. Proliferasi sendiri merupakan fase di mana sel mengalami pengulangan siklus tanpa hambatan. Dengan begitu sel kanker dalam tubuh dapat ditekan supaya tidak semakin parah.

  1. Kayu Manis sebagai Pengontrol Gula Darah

Bagi yang memiliki masalah dengan gula darah, konsumsi kayu manis sangat dianjurkan. Pasalnya, rempah satu ini dapat digunakan untuk mengkontrol gula darah dalam tubuh. Penyebabnya adalah karena kayu manis mengandung antioksidan sehingga sangat baik untuk membantu pengontrolan gula darah. Terlebih, kemampuan kayu manis dalam membantu proses pencernaan usai kita makan, akan memperbaiki respon dari insulin pada penderita diabetes tipe 2. Bahkan, dengan konsumsi satu gram kayu manis saja, akan sangat berpengaruh pada tingkatan gula darah serta kolesterol pada pemilik diabetes.

  1. Kayu Manis sebagai Peningkat Kinerja Otak

Bagi yang merasa kurang dapat fokus atau berkonsentrasi dengan baik, mengonsumsi kayu manis akan sangat membantu Anda. Manfaat dari kayu manis salah satunya adalah memiliki aroma yang dapat meningkatkan proses kognitif, sehingga kemampuan untuk berkonsentrasi maupun mengingat sesuatu jadi lebih tinggi.

  1. Kayu Manis sebagai Pencegah Penggumpalan Darah

Kayu manis mengandung cinnamaldehyde di dalamnya, hal ini membuat minyak dari kayu manis sangat bermanfaat untuk mencegah menggumpalnya darah. Tidak heran jika konsumsi kayu manis cocok untuk mereka yang terkadang memiliki masalah dengan menstruasi. Selain itu, kayu manis juga dapat mengeluarkan asam lemak yang disebut arachidonic, fungsinya sebagai anti peradangan pada tubuh. Asam lemak ini juga menjadi zat untuk mencegah penggumpalan darah.

  1. Kayu Manis untuk Meringankan Rematik

Para orang tua biasanya banyak yang menderita rematik, bahkan sekarang usia muda pun sudah banyak yang terkena kondisi ini. Untuk mengurangi kondisi rematik yang tidak menyenangkan, coba konsumsi kayu manis. Hal ini karena kayu manis dapat mengurangi sitokin yang menjadi penyebab rematik.

  1. Kayu Manis sebagai Anti-mikroba

Manfaat besar yang ada pada kayu manis adalah fungsinya sebagai antimikroba. Hal ini karena kandungan cinnamaldehyde pada minyak kayu manis. Contohnya saja, kayu manis dapat melawan pertumbuhan Candida, yaitu mikroorganisme yang biasanya menyebabkan infeksi pada mulut, usus, bahkan vagina.

Baca juga:  Inilah Berbagai Manfaat Bawang Putih Untuk Manusia yang Jarang Diketahui, Mulai dari Mengatasi Masuk Angin Hingga Mencegah Kanker

 

Manfaat Kayu Manis untuk Kecantikan Kulit

Selain untuk kesehatan, kayu manis juga kerap digunakan sebagai bahan kecantikan kulit. Manfaatnya beragam, contohnya sebagai berikut.

  1. Kayu Manis untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Salah satu masalah yang kerap dihadapi wanita adalah wajah yang kusam akibat sel kulit mati yang tidak terangkat dengan baik. Hal ini membuat wanita cenderung insecure karena merasa wajahnya terlihat lebih tua dari biasanya. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan kayu manis sebagai terapi pengangkatan sel kulit mati.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal menyiapkan bubuk kayu manis secukupnya. Untuk menghasilkan campuran yang berkhasiat, campurkan dengan minyak zaitun, minyak almond, dan madu. Jika sudah menjadi seperti masker, oleskan pada wajah dan gosok-gosok perlahan supaya sel kulit mati terangkat. Setelah itu bilas dengan air dan rasakan lembutnya kulit wajah Anda.

  1. Kayu Manis untuk Menghilangkan Jerawat

Anda juga dapat membuat ramuan untuk menghilangkan jerawat pada wajah dengan kayu manis. Caranya adalah dengan menyiapkan bubuk kayu manis satu sendok dan campurkan dengan sari jeruk lemon. Aduk hingga merata setelah itu oleskan pada jerawat yang ada di wajah. Tunggu sampai sekitar 20 menitan, baru bilas dengan air. Cara ini efektif untuk membuat jerawat cepat mengering dan kempes. Untuk hasil yang lebih maksimal, lebih baik gunakan secara rutin setiap malam sampai jerawat benar-benar hilang. Namun, apabila tidak cocok untuk kulit Anda, sebaiknya hentikan.

  1. Kayu Manis untuk Mencegah Garis Halus di Wajah

Garis halus pada wajah selalu menjadi masalah besar bagi wanita. Semakin usia bertambah, garis halus juga ikut bertambah. Tidak jarang hal ini membuat wanita stress dan mencari segala macam cara untuk menghilangkan garis-garis halus. Padahal, Anda bisa menggunakan kayu manis sebagai solusinya.

Baca juga:  Ragam Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Untuk membuat ramuan kayu manis ini, gunakan bubuk kayu manis yang dicampur dengan dua sendok teh minyak zaitun. Setelah itu, usapkan ke wajah Anda sampai benar-benar merata seperti memakai masker. Tunggu hingga 20 menit baru bilas dengan air bersih. Melakukan treatment ini secara rutin tiap malam dapat membuat wajah jadi lebih halus dan memudarkan garis halus yang selama ini mengganggu.

  1. Kayu Manis Efektif untuk Mengurangi Tanda Penuaan

Tanda-tanda penuaan pada wajah ada begitu banyak jenisnya, mulai dari flek hitam yang mengganggu, kulit wajah menjadi berkerut dan mengendur, dan masalah lainnya. Untuk mengatasinya, selain menggunakan krim perawatan, Anda juga bisa menggunakan kayu manis.

 

Caranya, siapkan bubuk kayu manis dan campurkan air hingga membentuk pasta yang pekat. Kemudian oleskan pada wajah, tunggu sekitar 6 jam untuk hasil yang maksimal. Dikarenakan waktu penungguan yang lama, ada baiknya memakai masker ini ketika akan tidur dan membilasnya keesokan harinya.

Manfaat kayu manis memang sangat beragam jika dikonsumsi secara teratur. Hanya saja karena belum ada penelitian lanjutan, ada beberapa manfaat yang masih diragukan. Konsumsi pun sebaiknya tidak berlebihan karena dapat menimbulkan beberapa efek samping contohnya seperti kadar gula menjadi terlalu rendah, risiko kerusakan hati yang tinggi karena kandungan kumarin pada kayu manis. Beberapa orang juga alergi kayu manis, sehingga menyebabkan lidah maupun gusi membengkak, gatal dan bercak putih di dalam mulut.

Oleh sebab itu, meskipun kayu manis memiliki berbagai macam kegunaan, ada baiknya tetap mengontrol konsumsinya supaya tidak berlebihan.