Manfaat Daun

Inilah Beragam Manfaat Daun Kelor Bagi Tubuh Manusia, Mulai dari Melawan Bakteri Hingga Mengobati Kanker

1593
×

Inilah Beragam Manfaat Daun Kelor Bagi Tubuh Manusia, Mulai dari Melawan Bakteri Hingga Mengobati Kanker

Sebarkan artikel ini

Inilah Beragam Manfaat Daun Kelor Bagi Tubuh Manusia, Mulai dari Melawan Bakteri Hingga Mengobati Kanker

Manfaatnya.com – Moringa Oleifera atau yang lebih dikenal dengan kelor adalah salah satu tumbuhan yang dikonsumsi manusia sehari-hari. Seringkali ia menjadi campuran dari sayur bening, dan bahkan menjadi obat herbal bagi sebagian orang. Karena manfaat daun kelor yang beragam, tumbuhan Moringaceae ini bahkan direkomendasikan oleh WHO untuk dikonsumsi oleh bayi dan balita yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Bagaimana tidak, daun kelor yang mungkin Anda konsumsi selama ini ternyata memiliki kandungan yang melebihi makanan lainnya. Seperti ia memiliki 7x lebih banyak vitamin C dari satu buah jeruk, ia mengandung 4x lebih banyak kalsium dan 2x lebih banyak protein daripada segelas susu, ia memiliki 4x lebih banyak vitamin A daripada sebuah wortel, hingga potassium dalam daun kelor lebih banyak 3x daripada dalam buah pisang.

Sebagai tanaman berkhasiat, daun kelor ternyata masih memiliki beragam manfaat lainnya untuk tubuh manusia. Maka dari itu tidak perlu berlama-lama lagi, kita mulai saja penjelasannya. Pastikan dibaca hingga selesai ya, siapatahu salah satu penyakit Anda ada di bawah ini dan bisa diobati hanya dengan konsumsi rutin daun kelor saja.

 

Lawan Bakteri dengan Daun Kelor!

Ada banyak tumbuhan yang dapat dijadikan obat dengan beragam senyawa kimia yang dimilikinya, salah satunya daun kelor. Setelah melalui berbagai penelitian seperti yang dilakukan di kampus Universitas Sam Ratulangi Manado, daun kelor yang sudah diekstrak ternyata memiliki peluang untuk menjadi anti bakteri bagi manusia.

Baca juga:  Manfaat Daun Mangkokan: Kaya Manfaat untuk Kesehatan Anda

Hal ini sudah melalui proses pengujian sebelumnya, di mana ketika konsentrasi ekstrak daun kelor ditambah, maka kekuatannya sebagai anti bakteri juga akan meningkat. Jadi ketika Anda atau anak-anak mengonsumsi daun kelor secara rutin, maka dipercaya bakteri dalam tubuh Anda seperti Salmonella, E.Coli, Rhizopus, dan lain sebagainya tidak akan membuat Anda sering jatuh sakit. Konsumsi daun kelor bisa Anda lakukan dengan menjadikannya sayur untuk pelengkap makan Anda.

 

Jaga Fungsi Otak dengan Daun Kelor!

Suasana hati seseorang yang mudah berubah dalam waktu yang cepat bisa jadi mengindikasikan adanya kesalahan yang terjadi dalam fungsi otaknya. Apabila dibiarkan terus menerus terjadi, maka seseorang bisa depresi atau menderita penyakit lain misalnya bipolar. Nah, salah satu manfaat daun kelor adalah untuk menjaga otak manusia dari penurunan fungsi yang bisa berakibat pada kacaunya suasana hati.

Kandungan vitamin C dan E dalam daun kelor yang sudah dijabarkan pada bagian sebelumnya, ternyata menjadi sebab mengapa daun ini dapat menjaga fungsi otak manusia. Beberapa penelitian yang telah dilakukan pada penderita Alzheimer juga menunjukkan hasil yang positif. Maka konsumsi daun kelor secara rutin, dapat meningkatkan dopamine yang akan membuat seseorang menjadi lebih bahagia.

 

Lindungi Hati dengan Daun Kelor!

Hati merupakan organ penting dalam tubuh manusia yang mengatur komposisi darah dalam tubuh. Ia juga mampu menetralisir racun dan sirkulasi hormone serta gula protein. Maka dari itu kesehatan hati seorang manusia harus selalu dijaga. Nah, salah satunya adalah dengan mengonsumsi daun kelor sebagai tumbuhan yang penuh khasiat.

Hati manusia dapat mengalami kerusakan yang disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari konsumsi minuman beralkohol dalam jumlah banyak, hingga adanya virus hepatitis A yang tertular melalui air atau makanan. Apabila sudah seperti ini, anti tuberkular sebagai salah satu manfaat daun kelor dapat dirasakan lewat konsumsi daun kelor baik dalam bentuk teh maupun sayur.

Baca juga:  Manfaat Daun Sirih Cina untuk Wajah: Rahasia Kulit Sehat dan Cerah

 

Obati Cacingan dengan Daun Kelor!

Cacingan seringkali disebabkan oleh makanan yang telah terkontaminasi dengan zat buruk bagi tubuh. Ia juga mudah menjangkiti anak dengan tangan yang sering kotor atau lewat peralatan masak yang tidak bersih. Biasanya orang yang menderita cacingan, perutnya akan melilit dan selalu ingin buang air besar.

Apabila sudah seperti ini, Anda sebaiknya mengonsumsi obat herbal seperti daun kelor dengan cara merebus lalu menyaring airnya. Kalau bisa gunakan daun kelor yang segar dan baru dipetik, paling tidak 4 jam sebelum dikonsumsi. Ramuan ini akan meredakan cacing dalam perut Anda.

 

Kurangi Peradangan dengan Daun Kelor!

Peradangan terjadi karena adanya cidera atau infeksi dalam tubuh Anda. Biasanya ia akan sembuh dengan sendirinya dalam jangka 2 minggu atau sekitar 12 hari. Apabila tidak sembuh juga, maka Anda sudah harus ke dokter untuk diperiksa. Salah satu peradangan yang kerap terjadi di masyarakat adalah peradangan oleh gusi mulut.

Nah, jika dalam jangka 2 minggu itu Anda merasakan sakit yang hebat dan sudah tidak mampu menahannya, Anda bisa menjadikan daun kelor sebagai obat dengan senyawa anti inflamasi yang dikandungnya. Anda bisa memotongnya dan mengaplikasikannya dengan cara menjadikannya obat kumur.

 

Sehatkan Pencernaan dengan Daun Kelor!

Masalah pencernaan bisa diderita oleh siapa saja yang makanan dan minumannya tidak dijaga. Terlebih bagi para penderita penyakit maag. Ada orang-orang yang kadang kesulitan buang air besar padahal sudah mengonsumsi buah dan sayuran yang cukup. Ada juga orang-orang yang pada saat buang air besar terasa perih karena konsumsi cabai yang terlalu banyak.

Semua itu sebenarnya bisa diperlancar oleh daun kelor. Tumbuhan berkhasiat satu ini bisa digunakan sebagai anti-imflimasi jika dikonsumsi secara rutin. Lambung sebagai organ vital yang berhubungan dengan pencernaan manusia, jika dibantu dengan daun kelor yang dapat menghambat patogen ini dapat memberikan hasil yang signifikan.

Baca juga:  Inilah Manfaat Daun Sirsak Untuk Tubuh Manusia, Mulai dari Meredakan Nyeri Punggung Hingga Menghambat Tumbuhnya Tumor

 

Tambah Gizimu dengan Daun Kelor!

Mencukupi dan menyeimbangkan gizi adalah hal yang penting untuk semua orang, apalagi untuk ibu yang sedang menyusui. Sebab apabila tidak, produksi ASI akan menurun dan bayi terpaksa harus meminum susu kemasan. Padahal ASI sangat diprioritaskan untuk bayi. Tahukah Anda, ternyata banyak pakar yang menyarankan ibu menyusui untuk mengonsumsi daun kelor setiap harinya. Mengapa?

Sebab daun kelor telah melalui banyak pengujian yang menunjukkan hasil bahwa ia mendukung laktasi dengan adanya senyawa galaktagog di dalamnya. Senyawa ini bisa melancarkan laktasi untuk ibu menyusui. Konsumsi daun kelor bisa dilakukan dengan memasukkannya ke dalam makanan atau merebus dan meminumnya sebagai teh.

 

Obati Kanker dengan Daun Kelor!

Kanker menjadi momok tersendiri di masyarakat. Penyakit yang sulit disembuhkan ini disebabkan adanya hormon yang tidak teratur dalam tubuh hingga membentuk daging yang dikenal dengan sebutan tumor. Ada berbagai jenis kanker yang sudah sering didengar, mulai dari kanker serviks hingga kanker payudara.

Tahukah Anda, penyakit mematikan satu ini ternyata bisa diatasi dengan daun kelor yang diekstrak lalu dikonsumsi. Sebenarnya direkomendasikan untuk mengonsumsinya saat belum terkena kanker dalam bentuk pencegahan. Namun jika sudah terlanjur kena, sembari menjalani pengobatan medis, Anda juga bisa mengimbanginya dengan konsumsi daun kelor yang rutin.

Sebab ia memiliki kandungan senyawa niazimicin yang sangat berguna menahan perkembangan sel kanker yang sudah menjangkiti tubuh Anda. Dengan menjalani pengobatan medis dan alternatif secara bersamaan, Anda bisa semakin memperbesar kemungkinan untuk sembuh.

Jadi itulah tadi berbagai manfaat daun kelor yang bisa kami sajikan. Pastikan Anda mengolah daun kelor tersebut dengan cara yang benar untuk menghasilkan manfaat seperti yang dijelaskan sebelumnya. Selamat mencoba ya!