Manfaat Daun

Selain untuk Masak, Ini Manfaat Daun Salam Lainnya untuk Kesehatan

1284
×

Selain untuk Masak, Ini Manfaat Daun Salam Lainnya untuk Kesehatan

Sebarkan artikel ini

Selain untuk Masak, Ini Manfaat Daun Salam Lainnya untuk Kesehatan

Manfaatnya.com – Kamu pasti nggak asing lagi kan yang namanya daun salam? Tanaman yang satu memang gampang banget kamu temukan di pasar dan sering dijadikan salah satu bumbu alami untuk menguatkan rasa atau menghilangkan bau amis pada rebusan daging. Tapi, tahu nggak sih kalau masih ada lagi manfaat daun salam yang lainnya, khususnya untuk kesehatan?

Yups, daun salam yang punya rasa yang pahit ini bisa kamu jadikan obat herbal alami untuk berbagai penyakit. Selain sebagai obat alami untuk menyembuhkan penyakit tertentu, daun salam juga bisa untuk menjaga kesehatan tubuh kita loh.

 

Kegunaan Daun Salam Untuk Kesehatan

Daun salam merupakan salah satu rempah nusantara yang biasanya dipakai untuk memasak. Tapi, kegunaannya nggak hanya itu saja. Adanya senyawa kimia yang dikandungnya membuat sebagian orang memanfaatkannya sebagai obat herbal untuk segala jenis penyakit.

Penasaran nggak sih manfaatnya apa saja untuk kesehatan tubuh kamu? Coba deh kamu baca dulu ulasannya di bawah ini ya.

  • Mengobati Batu Ginjal

Masih banyak yang nggak tahu kalau daun salam termasuk rempah alami yang bisa mengobati batu ginjal. Bahkan sudah ada penelitiannya yang dilakukan oleh peneliti Iran di tahun 2014 lalu. Dari penelitian yang dilakukannya, sudah terbukti kalau daun salam bisa dijadikan obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit batu ginjal.

Dari penelitian itu juga sudah terbukti kalau senyawa pada daun salam bisa menguraikan batu-batu kristal yang menumpuk di organ ginjal. Makannya, kalau ada keluargamu atau orang terdekatmu yang sedang menderita batu ginjal, coba kamu berikan rebusan daun salam 2 kali setiap harinya.

  • Mengobati Darah Tinggi dan Kolesterol

Sama seperti penelitian pada daun salam untuk penyakit batu ginjal, daun salam juga sudah pernah diteliti belum lama ini untuk aktivitas kadar kolesterol mau pun tekanan darah tinggi. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2018 lalu ini juga sudah membuktikan kalau daun salam mampu menurunkan kadar gula darah yang berlebih dan kolesterol.

Baca juga:  Manfaat Daun Sirih Cina untuk Wajah: Rahasia Kulit Sehat dan Cerah

Kok bisa sih? Sudah pasti adanya senyawa flavonoid, niasin, dan saponin yang ketiganya berfungsi untuk menurunkan trigliserida serum. Nggak hanya itu, senyawa flavonoidnya juga punya kelebihan lainnya yaitu sebagai antioksidan yang membuat oksidasi di dalam sel tubuh bisa terhindarkan.

Kamu harus tahu nih kalau oksidasi semakin tinggi, maka semakin tinggi juga peluang kita menderita hipertensi dan kolesterol. Kalau dibiarkan begitu saja, kedua penyakit itu akan memicu penyakit berbahaya lainnya tanpa kamu sadari.

Di kandungan lainnya, saponin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang sudah bekerja sama dengan asam empedu.

  • Mengontrol Penyakit Diabetes Secara Alami

Orang-orang yang menderita sakit diabetes, tentu harus tahu kalau mereka harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan atau minuman. Makanan atau minuman yang terlalu manis akan membuat kadar gula darahnya semakin naik dan memicu penyakit jantung dan penyakit lainnya.

Biar kadar gulanya tetap terkontrol, banyak yang menyarankan kalau mereka perlu mengkonsumsi daun salam setiap harinya. Dari studi yang sudah sempat dilakukan juga membuktikan kalau ekstrak daun salam yang diberikan ke beberapa pasien penderita diabetes membuat kadar gulanya tetap terkontrol dengan baik.

Zat polifenolnya bekerja sebagai antioksidan alami yang bisa menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes. Masih ada lagi manfaat daun salam dalam mengontrol penyakit diabetes secara alami yaitu mampu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik sehingga penderitanya terhindar dari penyakit jantung mendadak.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Organ jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Darah yang dialirkannya membawa berbagai macam nutrisi sekaligus oksigen yang sangat penting dibutuhkan oleh semua organ tubuh. Nggak adanya jantung tentu membuat kita tidak bisa hidup, sehingga sangat penting sekali kita harus menjaga kesehatan jantung.

Baca juga:  Manfaat Daun Balakacida: Rahasia Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Salah satu cara yang bisa kita lakukan buat menjaga kesehatan jantung yaitu dengan mengkonsumsi ekstrak atau rebusan air daun salam setiap hari. Kandungan flavonoid yang jumlahnya sangat banyak, seperti asam caffeic, fitonutrien dan salisilat berperan sangat penting dalam menjaga kesehatan jantung kamu.

Kalau dikonsumsi secara rutin, kandungan-kandungan itu bisa secara optimal mencegah penyakit jantung dan stroke. Perlu kamu tahu ya, penyakit jantung adalah pembunuh nomor 1 di dunia. Jadi, kamu harus selalu menjaga jantungmu agar tetap sehat.

  • Mengobati Asam Urat

Penderita asam urat juga harus memperhatikan makanan apa yang dikonsumsinya, karena salah makan saja, asam uratnya akan gampang kambuh dan harus diberikan perawatan segera. Untuk menyembuhkannya, kamu masih bisa kok memanfaatkan rebusan daun salam yang ternyata bisa ampuh menyembuhkan penyakit asam urat.

Senyawa flavonoid, tanin, polifenol, alkaloid, dan tritepennya berperan penting untuk meningkatkan produksi urin. Semakin banyak produksi urin yang dikeluarkan akan semakin gampang kadar asam urat di dalam darah dikeluarkan. Kalau asam uratnya keluar terus menerus dari urine, lama semakin lama kadarnya akan semakin menurun.

Flavonoid yang punya sifat deuretik mampu bekerja sebagai antioksidan yang bisa menghambat pembentukan asam urat yang berasal dari enzim xatin oksidase.

  • Menurunkan Berat Badan

Kamu lagi bingung menurunkan berat badan? Coba deh kamu secara rutin mengkonsumsi rebusan air daun salam atau setiap pagi dan sebelum tidur. Di dalam daun salam ada kandungan gizi yang berfungsi sebagai pengganti makanan yang punya kadar kalori yang tinggi. Jadinya, badan kamu akan tetap sehat dan nggak akan gampang gemuk.

Nggak hanya itu saja loh, serat yang ada di daun salam juga bisa membersihkan usus yang menjadi tempat penumpukan lemak makanan. Sembelit juga bisa terhindari karena senyawa tanin yang akan memperlancarkan pencernaanmu.

Baca juga:  Berikut Ini Manfaat Daun Bidara Masih Asing Di Telinga

Masih ada lagi kandungan taninnya yang bekerja sebagai antioksidan sekaligus menjadi hipokolesterolemia. Kedua fungsi itu juga bekerja sama untuk membantu pembersihan pencernaan dari berbagai macam zat berbahaya yang berasal dari makanan kamu konsumsi.

  • Sebagai Antikanker

Kanker yang menjadi salah satu pembunuh manusia yang tanpa disadari juga termasuk penyakit yang harus kita cegah dari sejak dini. Manfaat daun salam yang berfungsi sebagai antikanker bisa memusnahkan sel-sel kanker berkat kandungan senyawa flavonoidnya.

Masih ada lagi senyawa asam caffeic, quercetin, eugonol, dan catechin yang aktif bekerja untuk melawan sel-sel kanker yang semakin berkembang. Nggak hanya itu, keempat kandungan itu juga sekaligus memberikan proteksi lebih pada semua organ tubuh agar sel kanker tidak berkembang.

Buat kamu para cewek, coba kamu rajin konsumsi daun salam karena ampuh mencegah kanker serviks. Senyawa phytonutrient mampu menahan sel-sel kanker yang memicu kanker serviks.

 

Nah, itu dia manfaat daun salam yang sangat baik untuk kesehatan kita. Ternyata selain dipakai untuk memasak, daun salam bisa juga kan dipakai untuk menjaga kesehatan kita dan menyembuhkan berbagai penyakit? Kalau kamu memang tidak suka rasanya yang pahit saat minum rebusan airnya, kamu bisa kok mengkonsumsi ekstraknya dari tablet atau kapsulnya.