Manfaat Lainnya

Manfaat Madu untuk Wajah yang Sayang Banget Nggak Kamu Gunakan

1130
×

Manfaat Madu untuk Wajah yang Sayang Banget Nggak Kamu Gunakan

Sebarkan artikel ini

Manfaat Madu untuk Wajah yang Sayang Banget Nggak Kamu Gunakan

Manfaatnya.comMadu merupakan salah satu bahan alami yang diproduksi oleh lebah yang sudah dimanfaatkan dari sejak dulu. Selain sangat baik buat kesehatan organ tubuh, madu juga sangat bermanfaat bagi kulit wajah kamu loh. Manfaat madu untuk wajah memang sudah menjadi rahasia umum, sehingga kamu bisa gampang menemukan cara-caranya di website-website.

Selain dari madunya langsung, ada ekstrak madu yang bisa kamu manfaatkan dari produk-produk kecantikan tertentu. Mulai dari merk minuman sampai merk kecantikan wajah. Kalau kamu lihat langsung, madu yang berbentuk cairan cukup kental itu memang diproduksi dari lebah. Rasanya yang manis juga berasal dari monosakarida fruktosa sekaligus glukosa sehingga memberikan rasa manis yang alami.

Selain adanya fruktosa dan glukosa masih ada lagi karbohidrat, sukrosa, dan maltosa yang memberikan efek menyehatkan buat kesehatan tubuh dan wajah. Tapi, karena ada banyaknya bunga, tentu komposisi madunya berbeda-beda, sehingga mempengaruhi lebah yang menghasilkan nektar.

Manfaat Madu buat Kesehatan Kulit Wajah

Dengan kandungannya yang kaya nutrisi, nggak heran deh kalau madu sering dipakai sebagai obat alami kulit wajah. Bahkan dari sejak zaman Mesir kuno, masyarakat memakai madu buat perawatan kulit wajah sehari-harinya. Daripada kelamaan, coba deh kamu baca dulu apa saja khasiat madu buat wajah kamu.

  1. Ampuh menghilangkan jerawat

Cewek-cewek paling kesal kalau ada jerawat yang muncul di mukanya kan? Jerawat memang bikin wajah nggak terlihat mulus dan cantik, sehingga penampilannya menjadi nggak percaya diri. Apalagi kalau dibiarkan begitu saja, bisa semakin bertambah parah. Buat menghilangkannya, pakai saja madu.

Baca juga:  Sudah Tahu Manfaat Air Mawar yang Sangat Luar Biasa bagi Kesehatan Kulit?

Karena jerawat timbul akibat ada bakteri yang memicunya, memakai madu yang punya senyawa anti bakteri dan anti jamur bisa menghilangkannya secara sangat ampuh. Nggak hanya kedua senyawa itu saja yang ada di madu, masih ada anti inflamasi yang berfungsi mengatasi kulit ruam dan kemerahan karena jerawatnya.

Caranya cukup memakai madu murni dan oleskan secukupnya pada bagian yang berjerawat dan tunggu sampai 20 menit. Bilas dengan air bersih dan jangan lupa pakai secara rutin.

  1. Menghidrasi kulit

Selain mengatasi jerawat, madu yang punya senyawa humektan bisa memaksimalkan penarikan air dari lapisan dermis ke seluruh lapisan kulit epidermis. Anggap saja senyawa itu sebagai magnet air. Jadinya kulit wajah kamu akan tetap terdehidrasi dengan baik yang memberikan efek melenturkan dan melembutkan.

Kamu yang punya kulit yang gampang kering, coba saja mengoleskan madu secara rutin ke seluruh permukaan muka. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan wajah yang bebas dari kulit kering. Kalau nggak punya madu murni, kamu bisa memakai produk masker wajah yang mengandung madu.

  1. Melembabkan kulit kering

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, salah satu manfaat madu untuk wajah yaitu memberikan dehidrasi yang cukup buat kulitnya. Karena sudah terdehidrasi dengan baik, maka kulit yang kering pun juga akan semakin dilembabkan.

Kandungan enzim pada madu akan gampang terserap pada lapisan kulit, jadinya kamu akan tetap merasakan efek sehatnya meski kamu sudah membersihkannya sampai bersih.

Caranya hanya mengoleskan madu pada seluruh bagian muka dan biarkan kurang lebih 20 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air dingin dan kamu akan merasakan langsung efeknya.

  1. Sebagai eksfoliator ringan

Sebagian merk menghadirkan produk kecantikan yang punya bahan eksfoliator sintetis dengan harga yang cukup mahal, tapi belum tentu kandungannya aman dipakai buat semua kulit wajah. Daripada ragu-ragu, lebih baik pilih saja madu. Meski nggak punya bahan eksfoliator, kalau kamu campurkan ke baking soda, sudah jelas menjadi kombinasi yang ampuh buat kulit wajah kamu.

Baca juga:  Manfaat Masker Spirulina, Produk dari Kekayaan Alam Kita

Campurkan saja 2 sdm madu pada 1 sdm baking soda. Oleskan pastanya ke semua permukaan kulit muka kamu secara merata. Saat mengoleskannya, jangan lupa sambil dipijat mengikuti arah jarum jam. Baru setelah itu kamu bersihkan dengan air dingin.

  1. Menyamarkan bekas luka

Bekas luka di muka tentu buat penampilan jadi nggak percaya diri. Tapi tenang saja, buat mengatasinya, kamu tidak usah lagi pakai make up yang tebal buat menutupinya, kamu bisa memakai madu buat menyamarkan lukanya. Lebih aman dari bahan kimia, madu secara alami bisa menyembuhkan luka sekaligus menyamarkan luka.

Anti septik di dalamnya akan merawat dan menyembuhkannya secara alami, mulai dari lapisan kulit terluar sampai terdalamnya. Anti inflamasinya juga akan mempercepat proses penyembuhan luka, ditambah lagi anti oksidannya membantu meregenerasi kulit yang rusak.

Campurkan 1 sdm madu ke dalam 1 sdm minyak kelapa atau minyak zaitun. Oleskan campuran itu ke kulit muka yang ada bekas lukanya dan pijat searah jarum jam. Setelah itu, letakan handuk hangat beberapa menit dan ganti ke handuk dingin beberapa menitnya lagi. Lakukan secara rutin dan kamu akan merasakan manfaat madu untuk wajah yang menyamarkan bekas luka.

  1. Mengobati kulit terbakar sinar matahari

Sinar matahari yang terlalu terik tentu bisa merusak kulit wajah, apalagi yang nggak terlindungi dengan produk kecantikan apa pun. Akibatnya, kulit wajah menjadi terbakar dengan tanda-tanda kulit memerah. Senyawa anti inflamasinya, anti oksidan dan senyawa lainnya bisa ampuh mengatasi kulit wajah yang terbakar.

Kamu hanya mencampurkan 2 sdm lidah buaya dengan 1 sdm madu. Oleskan campuran itu ke semua kulit wajah kamu secara merata. Bersihkan dengan air dingin dan lakukan setiap hari sampai kulit yang terbakar bisa sembuh.

  1. Mencerahkan kulit

Punya kulit wajah yang cerah tentu juga menjadi dambaan semua orang, terutama cewek-cewek. Nah, kalau kamu memakai madu alami pada kulit mukamu, kamu akan mendapatkan manfaat madu untuk wajah yang bisa mencerahkan kulit yang kusam.

Baca juga:  Manfaat Masker Spirulina, Produk dari Kekayaan Alam Kita

Kaya dengan senyawa anti oksidan, madu bisa mempercepat proses peremajaan kulit muka sekaligus melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Jadinya, kulit muka kamu akan tetap cerah dan sehat sepanjang hari.

Kamu hanya mencampurkan 1 putih telur dengan 1 sdm zaitun dan 1 sdm madu. Oleskan campurannya ke kulit muka kamu dan biarkan saja selama 20 menit. Kalau sudah, cuci sampai bersih dengan memakai air dingin.

 

Tips Memakai Masker Madu

Saat kamu mengoleskan madunya ke kulit mukamu, jangan lupa kamu juga harus memperhatikan beberapa hal.

  1. Bersihkan madu dari kulit wajah kamu sebelum tidur. Madu yang masih menempel di muka akan semakin gampang menarik kotoran, jadinya bisa memperburuk kondisi kesehatan muka kamu.
  2. Kamu harus memastikan madu yang kamu pakai merupakan madu alami. Jangan pilih madu yang punya bahan pengawet mau pun pemanis buatan.
  3. Kalau kamu mulai merasakan alergi setelah mengoleskan madu ke kulit wajah, segera hentikan pemakaiannya.

Memang nggak diragukan lagi deh manfaat madu untuk wajah. Kamu yang mau tampil cantik dengan wajah yang sehat dan cerah, lebih baik pakai madu secara rutin ya.