Manfaat Lainnya

Manfaat Masker Spirulina, Produk dari Kekayaan Alam Kita

1140
×

Manfaat Masker Spirulina, Produk dari Kekayaan Alam Kita

Sebarkan artikel ini

Manfaat Masker Spirulina, Produk dari Kekayaan Alam Kita

Manfaatnya.com – Pernahkah Anda mendengar masker spirulina? Jika Anda merupakan seseorang yang sangat memperhatikan kesehatan kulit wajah, mungkin hal tersebut sudah bukan menjadi hal yang asing lagi. Manfaat masker spirulina sangat banyak, mulai dari mengencangkan kulit, membersihkan wajah, dan masih banyak lagi. Berikut ini akan dibahas mengenai beberapa manfaat dari masker spirulina.

Manfaat Masker Spirulina

  1. Mencegah indikasi penuaan dini

Penuaan dini merupakan masalah klasik yang dialami oleh seseorang di usia 20-30 tahun. Tanda-tanda dari peristiwa ini adalah mulai muncul kerutan dan garis-garis wajah. Namun, jangan khawatir karena hal itu bisa diatasi dengan masker spirulina. Kandungan vitamin E, tirosin, dan antioksidan membuat masker spirulina dapat memberikan efek perawatan kulit.

Spirulina kaya akan sumber klorofil. Zat ini dapat membersihkan dan membantu kulit untuk mempertahankan kelembapan. Inilah yang menyebabkan gejala penuaan dini dapat diatasi. Spirulina dapat mengurangi garis dan kerutan, memberikan kesegaran kulit, dan juga menjaga elastisitas kulit.

  1. Membantu mengatasi jerawat

Masker spirulina juga dapat membantu untuk menghilangkan jerawat. Jerawat di wajah memang sangat mengganggu. Bahkan jerawat juga dapat membuat rasa percaya diri berkurang. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mencoba menggunakan masker spirulina. Spirulina adalah salah satu yang dapat membersihkan bakteri penyebab jerawat.

Baca juga:  Manfaat Madu untuk Wajah yang Sayang Banget Nggak Kamu Gunakan

Kandungan GLA atau gammalinolenic acid dan asam lemak esensial yang terkandung dalam spirulina dapat melawan bakteri jahat penyebab jerawat dan peradangan kulit. Selain itu, spirulina juga dapat meningkatkan proses metabolisme kulit yang memungkinkan untuk pergantian sel kulit menjadi lebih cepat.

  1. Mempercepat regenerasi sel-sel kulit baru

Mempercepat regenerasi kulit baru juga merupakan salah satu manfaat masker spirulina. Selain itu, masker spirulina juga bisa mengatasi noda di kulit. Dengan mempersingkat metabolisme tubuh, pertumbuhan dari sel kulit baru menjadi lebih cepat. Jadi, jika Anda menginginkan kulit yang sehat, silakan coba menggunakan masker spirulina.

  1. Menghilangkan kantong mata

Kalau Anda merupakan orang yang jarang tidur atau jam tidur kurang, maka Anda pasti tidak asing dengan kantong mata. Kantong mata memang sangat mengganggu penampilan karena sangat terlihat. Rasa percaya diri pun dapat menurun. Dengan menggunakan masker spirulina, kantong mata dapat dihilangkan karena memiliki efek detoksifikasi.

  1. Berfungsi sebagai detoksifikasi kulit

Klorofil yang terdapat pada spirulina kadarnya sangat tinggi. Inilah yang membuat masker spirulina sangat cocok untuk proses detoksifikasi kulit. Klorofil dapat membantu mengeluarkan racun pada kulit serta menghilangkan logam erat. Inilah yang membuat kulit menjadi cerah dan bercahaya. Jadi, masker spirulina sangat baik bagi kesehatan kulit.

  1. Mencerahkan kulit kusam

Satu lagi zat bermanfaat yang terdapat pada spirulina adalah asam gamma linolenat. Zat tersebut merupakan asam esensial omega 6 yang sangat dibutuhkan tubuh guna menghasilkan membran sel yang baik. Oleh karena itu, dengan menggunakan masker spirulina, kulit akan menjadi lebih cerah. Spirulina juga mengandung zat baik lain seperti karotenoid.

  1. Menghilangkan noda-noda di wajah

Noda di wajah memang sangat mengganggu, terutama bagi Anda yang sangat memperhatikan penampilan. Terkait dengan poin sebelumnya, fungsi mencerahkan kulit dari spirulina dapat menyamarkan atau bahkan menghilangkan noda hitam di wajah. Selain itu, manfaat masker spirulina juga dapat melindungi kulit dari sinar matahari langsung.

Baca juga:  Sudah Tahu Manfaat Air Mawar yang Sangat Luar Biasa bagi Kesehatan Kulit?

Kandungan dalam Masker Spirulina

Masker spirulina memiliki beberapa kandungan zat-zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Zat-zat tersebut antara lain spirulina yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, vitamin A, C, dan E yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan, dan asam amino yang berguna untuk menyusun sel-sel kulit.

Cara Membuat Masker Spirulina untuk Kecantikan

Untuk membuat masker spirulina tidak terlalu sulit. Berikut ini adalah cara untuk membuat masker spirulina untuk fungsi kecantikan.

Bahan:

1 sdm bubuk spirulina

1 sdm madu

Cara menggunakan:

  1. Bersihkan wajah dengan air dan keringkan menggunakan handuk
  2. Campur bubuk spirulina dan madu hingga berbentuk pasta
  3. Oleskan dengan menggunakan kuas ke leher dan wajah
  4. Diamkan selama 25 menit
  5. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk

Cara Menggunakan Masker Spirulina Tablet

Jika Anda sudah membeli masker spirulina berbentuk tablet dan belum mengetahui cara untuk menggunakannya, kali ini akan dijelaskan mengenai cara menggunakannya. Masker spirulina tablet memang memiliki kelebihan tersendiri karena mudah dibawa.

  1. Siapkan 2 tablet spirulina dan keluarkan isinya
  2. Masukkan ke dalam mangkuk kecil
  3. Campur dengan bahan lain, bisa menggunakan susu, madu, atau minyak zaitun hingga berbentuk pasta
  4. Aduk sampai rata
  5. Oleskan di bagian wajah dan diamkan selama 20-25 menit
  6. Basuh dengan air hangat

Bahaya Menggunakan Masker Spirulina Palsu

Meskipun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit, Anda tetap harus waspada ketika membeli masker spirulina. Hal ini dikarenakan tidak sedikit masker spirulina palsu yang beredar luas di masyarakat. Biasanya produk palsu menggunakan penawaran harga yang murah. Padahal efek samping dari masker spirulina palsu sangat berbahaya.

Masker spirulina yang palsu dapat menimbulkan berbagai efek samping, antara lain rasa gatal, rasa perih pada seluruh wajah, menimbulkan jerawat, iritasi wajah, kulit kusam, dan juga membuat kulit menjadi berminyak. Tentu hal ini adalah kebalikan dari tujuan Anda menggunakan masker spirulina bukan?

Baca juga:  Ragam Manfaat Masker Putih Telur Untuk Kecantikan Wajah

Cara Membedakan Masker Spirulina Asli dan Palsu

Untuk meminimalisasi kemungkinan membeli masker spirulina palsu, Anda harus bisa membedakan mana masker spirulina yang asli dan mana yang palsu. Berikut ini adalah beberapa yang dapat Anda jadikan pengetahuan untuk membedakan masker spirulina yang asli dan yang palsu.

  1. Bentuk kapsul

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengecek apakah masker spirulina memang asli atau palsu adalah bentuk kapsulnya. Kapsul spirulina yang palsu memiliki cangkang yang sama pendeknya, sedangkan yang asli salah satu cangkangnya berbentuk panjang dan yang lain berbentuk pendek.

  1. Warna

Masker spirulina yang asli memiliki warna hijau yang pekat, sedangkan yang palsu cenderung memiliki warna hijau cerah. Jika dicampur dengan air, maka yang asli akan berbentuk pasta dan tidak encer.

  1. Aroma

Untuk membedakan masker spirulina yang asli dan yang palsu, Anda juga bisa mendeteksi aromanya. Masker spirulina yang asli mempunyai bau yang khas dari ganggang biru. Maka dari itu, baunya memang terasa sedikit amis. Sementara itu, masker spirulina yang palsu baunya tidak akan seperti itu.

  1. Bahan

Produk yang asli menggunakan 100 persen spirulina asli tanpa ada tambahan apapun. Di sisi lain, masker spirulina yang palsu dibuat menggunakan campuran bahan-bahan kimia yang justru berbahaya bagi kesehatan kulit.

 

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai masker spirulina. Jika menggunakan produk yang benar-benar asli, maka manfaat masker spirulina sebenarnya sangat banyak. Tentu saja semua itu harus dengan dosis yang tepat agar manfaat dapat menjadi maksimal. Semoga dengan pengetahuan tersebut Anda menjadi lebih memahami dan mendapat wajah yang lebih sehat lagi.